30 Contoh Website Perusahaan Berbagai Bidang untuk Inspirasi

30 Contoh Website Perusahaan Berbagai Bidang untuk Inspirasi

Website perusahaan berperan sebagai wajah bisnis Anda di internet. Dengan website, brand Anda bisa lebih mudah dijangkau oleh calon pelanggan atau klien dari seluruh dunia untuk mendatangkan berbagai peluang bisnis baru.

Namun, website perusahaan yang efektif harus bisa mencerminkan nilai-nilai bisnis Anda dan mampu melayani kebutuhan pelanggan dengan baik.

Nah, kalau Anda membutuhkan referensi desain website perusahaan, artikel ini akan membantu Anda menemukan inspirasi contoh website perusahaan terbaik. Kami juga akan berbagi tips untuk mendesain website perusahaan yang optimal dari segi pengalaman pengguna dan estetika.

30 Contoh Website Perusahaan untuk Inspirasi

Bagi bisnis, website perusahaan bisa membantu memperkenalkan brand Anda secara lebih luas, bahkan hingga skala internasional. Calon pelanggan dan klien juga bisa mendapatkan informasi penting dari website, menemukan produk Anda, hingga akhirnya melakukan transaksi.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk temukan inspirasi desain website untuk bisnis Anda dengan mempelajari contoh website perusahaan terbaik di bawah ini!

1. Kopi Good Day

landing page kopi good day

Desain website Kopi Good Day mencerminkan persona yang bersemangat, berjiwa muda, dan dinamis. Homepagenya menampilkan animasi lucu dengan gaya yang khas, dipadukan dengan skema warna-warna cerah.

Website ini memiliki bagian Game yang menyediakan permainan mewarnai, sesuai dengan jargon mereka yang berbunyi “Hidup Banyak Rasa”.

Di samping itu, website ini juga menyediakan halaman resep minuman kopi yang dilengkapi dengan video pembuatannya, cocok dengan target pasar perusahaan ini yang didominasi oleh generasi muda kreatif.

2. Kopi Tuku

landing page kopi tuku

Website Kopi Tuku bisa menjadi contoh website perusahaan yang menarik, mengajak pengunjung untuk merasakan pengalaman memesan kopi di gerainya. Homepagenya menampilkan area barista dari sudut pandang pelanggan, dengan animasi yang bisa digerakkan.

Beberapa bagian dalam animasinya bisa diklik untuk mengarahkan pengunjung ke halaman lain yang relevan. Misalnya, saat mengklik animasi pada gambar menu di tembok, pengunjung akan diarahkan ke halaman menu mereka.

3. Gojek

landing page gojek

Gojek menyajikan website perusahaannya dalam cara yang modern dan khas. Website ini lebih ditujukan sebagai company profile yang berfokus untuk menyampaikan visi dan misi perusahaan.

Selain itu, perusahaan ini menjelaskan berbagai layanannya di website, seperti pemesanan kendaraan, pengantaran makanan, dan pengiriman barang.

Terdapat juga bagian yang menyediakan informasi untuk bergabung menjadi mitra, baik sebagai talenta perusahaan, mitra driver, serta mitra usaha. Melalui websitenya, Gojek menunjukkan fokus mereka dalam melayani pelanggan, serta memberikan dukungan yang optimal pada mitranya.

4. Ladang Lima

homepage ladang lima

Website Ladang Lima langsung menunjukkan visi dan komitmen perusahaan di halaman utamanya, yaitu menyediakan produk makanan sehat bebas gluten. Foto layar penuh di homepagenya menjelaskan bahan utama produk mereka yang terbuat dari tepung singkong.

Di pojok kanan atas, terdapat ikon toko online yang mengarahkan pengunjung ke halaman produk Ladang Lima. Sementara itu, bagian “About Us” menegaskan kembali komitmen mereka terhadap visi perusahaannya, serta menjelaskan orang-orang di balik kesuksesan brand ini.

5. Pertamina

landing page pertamina

Website Pertamina banyak menampilkan pencapaian dan penghargaan yang berhasil diraih perusahaan ini, serta program edukasi yang ditujukan bagi putra-putri terbaik bangsa. Sebagai perusahaan energi, ada bagian khusus di websitenya yang menunjukkan misi perusahaan terhadap keberlanjutan.

Bagian homepagenya didominasi oleh galeri yang menampilkan komitmen utama Pertamina untuk menyediakan energi hingga ke seluruh Indonesia. Menuju ke bawah halaman, tersedia bagian yang menyajikan informasi yang relevan tentang rekrutmen, harga BBM, dan berita terbaru.

6. Shell

landing page shell

Website Shell bisa menjadi inspirasi contoh website perusahaan dengan desain yang bersih, profesional, dan lugas. Di websitenya, Shell menyediakan berbagai informasi tentang solusi energi dan upaya inovasi yang terus dilakukan, menunjukkan fokusnya terhadap masa depan yang berkelanjutan.

Bagian “Energy and Innovations” di website ini menampilkan inisiatif Shell terhadap solusi energi yang berkelanjutan. Selain itu, website ini juga menyediakan informasi yang lengkap bagi investor, pencari kerja, dan media untuk terhubung dengan mereka.

7. GE Aerospace

landing page general electrics

Website GE Aerospace ditujukan sebagai portofolio bisnis. Homepagenya menampilkan komposisi yang bersih, menyediakan informasi tentang unit bisnis utama General Electric ini yang berfokus pada inovasi dan teknologi.

Selain itu, website perusahaan pemasok komponen pesawat ini memiliki bagian “Sustainability” yang melaporkan semua upaya mereka terhadap keberlanjutan. GE Aerospace juga mencantumkan semua lini produk yang pernah dibuatnya melalui menu di bagian atas homepage.

8. Goldman Sachs

landing page goldmansachs

Arsitektur website Goldman Sachs difokuskan untuk menyediakan informasi tentang layanan keuangan, wawasan, dan dampak global perusahaan ini. Desain webnya bersih dan profesional, selaras dengan identitas brand ini dalam hal layanan klien, inovasi, dan integritas.

Websitenya juga memiliki bagian “Careers” yang menyajikan informasi mendetail bagi para pencari kerja untuk menemukan posisi yang sesuai di perusahaan tersebut. Tentu saja, hal ini juga sejalan dengan komitmen mereka untuk mendatangkan talenta-talenta terbaik.

9. RSNL Creative

landing page rsnlcreative

RSNL Creative memiliki website yang bisa Anda jadikan referensi apabila sedang mencari contoh website perusahaan yang interaktif.

Meskipun sederhana, desain web RSNL Creative tetap terlihat estetik. Menggunakan skema warna hitam dan putih yang bersih, homepagenya memperkenalkan agensi ini dengan tagline dan CTA yang menarik. Strategi seperti ini bisa membantu membangun hubungan yang lebih dekat dengan calon pelanggan.

Saat scrolling halaman ke bawah, pengunjung akan disuguhi contoh-contoh karya agensi ini dalam visual yang keren namun tetap nyaman dipandang.

10. doup.

landing page doup

Doup menghadirkan kesan yang inovatif dan modern pada websitenya sesuai dengan model bisnisnya di bidang kreatif. Homepagenya memiliki desain yang minimalis, judul yang lugas, dan tombol CTA yang jelas untuk mengajak pengunjung melihat-lihat produk brand ini.

Grafik dan teks singkat digunakan secara efektif di website Doup untuk menunjukkan alur kerja mereka, menghadirkan pengalaman pengguna yang menarik dan mudah diakses. Penggunaan ruang kosongnya juga menyajikan tampilan modern yang sesuai dengan target audiensnya.

Di bagian footer, pengunjung bisa mengakses berbagai informasi perusahaan serta tombol media sosial untuk terhubung lebih dekat dengan perusahaan ini.

11. Intel

landing page intel

Intel memiliki desain web yang modern dan bersih, dengan warna biru dan putih yang mendominasi. Websitenya menyediakan informasi yang mendetail tentang produk, solusi, dan kemajuan teknologi komputasi brand ini.

Pada menu “Solutions”, pengunjung bisa melihat inovasi-inovasi Intel di berbagai bidang, seperti AI, komputasi cloud, dan kemudi otomatis. Di sisi lain, bagian “Developers” menyediakan tool dan materi dukungan yang lengkap untuk para web developer dan web designer.

12. Canon

landing page canon

Website Canon juga bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda yang sedang mencari contoh website perusahaan. Desainnya ramping dan profesional, menunjukkan lini produk dan peralatan pengambilan gambar perusahaan ini yang sangat beragam.

Menu utamanya juga simpel, yang dipisahkan menjadi beberapa bagian untuk mewakili setiap departemen. Dengan strategi ini, Canon menyajikan website yang minimalis, namun tertata dengan baik melalui navigasi yang logis.

13. Adobe

landing page adobe

Adobe menyajikan website perusahaan dengan desain yang bersih dan minimalis, didominasi oleh warna khas brand mereka yang terdiri dari merah, putih, dan hitam. Homepagenya menampilkan montase video layar penuh tentang produk aplikasi Adobe di berbagai bidang kreatif.

Navigasinya sederhana dan intuitif, dengan menu drop-down untuk produk, solusi, materi pembelajaran, dan dukungan.

Di bagian footer, terdapat ruang yang luas untuk mengakses detail produk, materi, berbagai inisiatif Adobe, dan informasi perusahaan. Website ini cocok dijadikan contoh website perusahaan yang mencerminkan visi inovatif brand di industri kreatif.

14. Apple

landing page apple

Apple selalu berhasil menunjukkan estetika produknya melalui desain web yang minimalis, elegan, dan intuitif. Homepagenya menampilkan produk terbaru dengan visual yang memukau dan beberapa potong teks saja, mencerminkan persona brand Apple yang selama ini dikenal.

Navigasi websitenya juga dirancang secara intuitif, dengan menu statis di bagian atas. Terdapat beberapa kategori yang mengelompokkan produk sesuai serinya, memudahkan pengunjung mengakses berbagai lini produk perusahaan ini.

15. Microsoft

landing page microsoft

Desain web Microsoft cocok untuk dijadikan referensi website perusahaan yang modern dan bersih. Tata letaknya terstruktur dengan baik menggunakan skema warna khas perusahaan, yaitu biru, putih, dan abu-abu. Ada beberapa bagian di homepagenya, mulai dari produk dan berita terbaru hingga kisah kontribusi perusahaan.

Website ini menampilkan mega menu yang mengelompokkan berbagai macam produk dan layanan Microsoft dengan rapi. Di bagian bawah website, terdapat footer yang menyajikan informasi lain terkait ekosistem Microsoft, seperti program donasi dan mitranya.

16. Google

Siapa yang tidak tahu Google? Yap, website mesin pencari terpopuler ini memiliki tampilan yang sangat sederhana namun fungsional. Hanya ada kolom pencarian dengan logo Google yang ikonik sebagai elemen visual di homepagenya.

Di pojok kanan atas, terdapat link ke aplikasi utama Google, pengaturan akun, dan pengaturan privasi yang mudah diakses. Ikon “Aplikasi” berbentuk kisi juga membantu pengguna mengakses produk Google lainnya, membuat keseluruhan halamannya tetap tampak rapi dan bersih.

Google Doodles, yang sering diperbarui dan disesuaikan untuk merayakan berbagai acara dari seluruh dunia, menambahkan sentuhan kreatif pada desain UX website ini.

17. Amazon

landing page amazon

Sebagai toko online, website Amazon memiliki desain yang sangat baik dan fungsional. Homepagenya menampilkan daftar produk, rekomendasi khusus, serta berbagai diskon dan penawaran. Navigation bar website Amazon juga intuitif, mengelompokkan jutaan produk dalam kategori yang mudah diakses.

Website ini menggunakan algoritma canggih untuk menampilkan konten yang disesuaikan dengan minat pencarian dan pembelian klien sebelumnya. Hasilnya, pengalaman belanja pun terasa lebih istimewa bagi setiap pengunjung.

18. Tesla

landing page tesla sebagai contoh website perusahaan terbaik

Sesuai dengan produk yang ditawarkan brand ini, website Tesla memiliki desain yang simpel, futuristik, dan mengesankan secara visual. Homepagenya menampilkan video mobil listrik Tesla yang elegan, dengan tombol CTA untuk pemesanan kendaraan dan uji coba mengemudi.

Desain websitenya secara efektif mewakili visi Tesla terhadap inovasi. Menggunakan gambar dan video HD serta hanya sedikit teks, pengunjung pun akan lebih fokus menikmati desain mobil Tesla yang menawan. Selain itu, terdapat menu untuk membantu calon pembeli memilih kendaraan yang paling cocok untuk mereka.

19. IBM

landing page ibm

Dengan tata letak yang profesional dan bersih, website IBM bisa menjadi referensi yang baik untuk website perusahaan B2B. Homepagenya memperkenalkan solusi dan layanan IBM terbaru, dengan bagian khusus untuk studi kasus, riset, wawasan, dan informasi produk.

Website IBM memiliki bagian unik bernama “Inside IBM” yang digunakan untuk berbagi pemikiran, kisah, dan inovasi perusahaan teknologi ini. Menu drop-down yang mendetail mengatur semua informasi layanan, solusi, industri, dan sumber daya secara efektif, membantu mempermudah navigasi website.

20. Facebook

landing page facebook

Website Facebook mencerminkan identitas brand yang familiar dengan warna biru dan abu-abu serta tipografi yang khas. Di homepagenya, Facebook menampilkan tagline sederhana yang menggambarkan tujuan utama website kepada target audiens.

Sebagai media sosial, website Facebook juga cukup simpel dan langsung mengarahkan pengunjung untuk login atau mendaftar akun.

Sementara itu, bagian footernya didesain untuk mengarahkan pengunjung ke berbagai aplikasi dan layanan Facebook, kebijakan data, standar komunitas, dan laporan transparansi untuk mencerminkan komitmen perusahaan ini terhadap keamanan dan privasi pengguna.

21. Pfizer

landing page pfizer

Tampilan website Pfizer yang bersih dan profesional difokuskan untuk menunjukkan kontribusi perusahaan ini sebagai pionir di industrinya. Desainnya didominasi warna biru dan putih, dengan bagian berita terbaru, informasi investor, dan berbagai topik kesehatan di homepage.

Di bagian “Science”, Pfizer menyajikan informasi terkait upaya riset dan pengembangannya sesuai visi perusahaan ini di bidang layanan kesehatan. Website ini juga menyediakan berbagai informasi kesehatan, yang dibagi menjadi beberapa halaman untuk pasien, tenaga kesehatan profesional, dan investor.

22. Airbnb

landing page airbnb

Saat membuka website Airbnb, pengunjung akan langsung disuguhi informasi akomodasi terbaik yang tersedia di lokasi mereka. Namun, tidak seperti contoh website perusahaan travel lainnya, Airbnb berfokus untuk membantu pelanggan merasa seperti berada di rumah sendiri di mana pun mereka menginap.

Di homepagenya, pengunjung langsung bisa memilih durasi menginap dan tujuan liburan yang diinginkan. Desain web Airbnb yang intuitif juga seakan-akan langsung mengajak pengunjung untuk memulai liburan yang seru.

Website ini menggunakan sticky footer yang mempermudah navigasi ke bagian website lainnya. Selain itu, pengunjung bisa mengganti mata uang, bahasa, dan opsi dukungan dengan mudah dari halaman utamanya.

23. Nike

landing page nike

Desain website perusahaan Nike menyajikan pengalaman yang bersih, dinamis, dan inspiratif, mewakili semangat sporty yang sejalan dengan brand ini. Homepagenya menampilkan produk terbaru, promosi, dan kisah inspiratif dalam visual yang menarik.

Selain itu, menu kolase yang tersedia di bagian atas membantu menyediakan akses yang mudah bagi pengunjung untuk melihat-lihat berbagai produk. Setelah itu, pengunjung bisa langsung membeli produk di website, yang membantu meningkatkan angka konversi.

24. Walmart

landing page walmart

Walmart mendesain websitenya untuk memudahkan pembeli melakukan transaksi. Selain itu, tampilannya yang seperti majalah menunjukkan komitmen Walmart untuk menyediakan pengalaman belanja yang nyaman dan mudah.

Homepagenya menyoroti berbagai macam produk, penawaran promosi, dan layanan yang ditawarkan di toko fisik maupun toko online perusahaan ini.

Website Walmart juga memiliki fungsi pencarian yang intuitif, rekomendasi produk, dan ulasan pelanggan untuk pengalaman berbelanja yang lebih optimal. Selain itu, terdapat fitur “How do you want your items?” di homepage untuk mempermudah pelanggan memperoleh barang yang diinginkan.

25. Visa

landing page visa

Visa mencerminkan persona yang profesional dan kredibel di websitenya, sesuai peran perusahaan ini sebagai penyedia layanan keuangan global. Homepagenya memiliki tampilan yang rapi namun elegan, menyajikan informasi layanan utama, berita terbaru, wawasan, dan inisiatif perusahaan.

Melalui menu “Everyone”, Visa menceritakan kontribusi bisnisnya di seluruh dunia. Website ini juga menyediakan bagian khusus bagi para inovator dan developer untuk mengakses API dan tool pengembangan lainnya guna meningkatkan integrasi teknologi perusahaan ini.

26. Johnson & Johnson

landing page jnj

Desain web Johnson & Johnson menyediakan bagian yang sesuai dengan sektor bisnisnya, termasuk kesehatan konsumen, peralatan medis, dan farmasi. Di homepagenya, perusahaan ini menyajikan berita terbaru, inovasi, dan komitmen sosial perusahaan.

Bagian “Personal Stories” di website ini dimanfaatkan untuk berbagai kisah inspiratif terkait produknya, terobosan perusahaan di bidang kesehatan, dan inisiatif global yang sejalan dengan misi perusahaan untuk meningkatkan kesehatan bagi semua orang, di seluruh dunia.

27. BMW

landing page bmw sebagai contoh website perusahaan terbaik

Desain web BMW seakan-akan mengajak pengunjung untuk merasakan pengalaman berkendara yang mewah melalui visual yang elegan. Homepagenya menampilkan informasi lini produk mobil, sepeda motor, dan teknologi inovatif perusahaan otomotif ini sebagai sorotan utama.

Website ini juga menyediakan showroom virtual yang mengarahkan pengunjung untuk melihat-lihat berbagai model dan spesifikasi produknya. Di bagian atas, terdapat beberapa menu yang menjelaskan misi BMW untuk menciptakan masa depan yang lebih modern.

28. LinkedIn

landing page linkedin

LinkedIn memiliki desain web yang bersih, modern, dan memprioritaskan pengalaman pengguna. Banyaknya ruang kosong membantu mengarahkan perhatian pengunjung ke elemen-elemen visual utama di halamannya.

Website ini juga menyertakan bagian “Pembelajaran” yang komprehensif, menyediakan berbagai materi edukasi dan pengembangan karier yang bermanfaat bagi pengguna.

29. Dropbox

landing page dropbox

Melalui desain yang modern, penuh warna, dan memprioritaskan kemudahan akses, desain web Dropbox bisa menjadi contoh website perusahaan yang bagus. Websitenya dirancang untuk memudahkan pelanggan menemukan paket yang paling sesuai untuk mereka.

Selain itu, homepagenya menyajikan berbagai informasi layanan dan solusi Dropbox secara efektif dalam cara yang mudah dipahami.

30. Netflix

landing page netflix

Website Netflix cukup simpel dan minimalis, dengan desain yang mengingatkan pengunjung pada layar bioskop. Elemen visual dan palet warna di homepagenya digunakan secara konsisten sesuai identitas brand ini, yang bisa langsung dikenali oleh pengunjung.

Bagian footer website ini menyertakan link ke siaran pers, berita perusahaan, dan aset konten Netflix. Terdapat juga bagian “Lowongan Kerja” yang menyediakan kesempatan bagi siapa pun untuk bergabung dengan perusahaan ini.

Tips Mendesain Website Perusahaan yang Efektif

Hal terpenting yang harus diingat saat membuat website perusahaan adalah desainnya harus sejalan dengan brand Anda dan mampu memberikan pengalaman yang memprioritaskan pengguna. Apabila gagal dalam kedua hal ini, bisnis Anda bisa terkena imbasnya.

Jadi, saat merancang website perusahaan, sebaiknya ingat beberapa tips berikut ini:

Pilih Hosting yang Tepat Sesuai Kebutuhan Bisnis

Karena hosting bisa memengaruhi performa website, pastikan untuk memilih hosting yang tepat bagi website perusahaan Anda. Temukan hosting yang andal, cepat, aman, dan bisa diatur sesuai kebutuhan. Pertimbangkan faktor-faktor berikut saat memilih provider:

  • Keandalan dan Uptime. Pilihlah provider hosting yang menjamin uptime tinggi, minimal 99,9%. Sebab, downtime bisa memengaruhi bisnis Anda secara signifikan hingga mengakibatkan kerugian finansial dan berkurangnya kepercayaan pelanggan.
  • Kecepatan dan Performa. Website yang loadingnya cepat akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari. Hasilnya, website perusahaan Anda pun bisa menghadirkan lebih banyak peluang bisnis dan konversi.
  • Prosedur Keamanan. Serangan cyber terus dilancarkan oleh para penjahat untuk mencari korban. Pastikan provider hosting Anda memiliki fitur keamanan tingkat lanjut untuk melindungi website Anda.
  • Skalabilitas. Paket hosting yang Anda pilih harus bisa diatur sesuai kebutuhan bisnis yang berubah-ubah tanpa mengorbankan performanya.
  • Dukungan Pelanggan. Pilih provider yang menyediakan dukungan 24/7 dalam berbagai bahasa untuk membantu Anda mengatasi masalah apa pun.

Kalau Anda bingung mencari provider hosting mana yang sesuai dengan kriteria di atas, cobalah Hostinger. Kami menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk mendesain website perusahaan yang baik. Dengan AI website builder, Anda bahkan bisa mengonlinekan website perusahaan hanya dalam hitungan menit!

Sertakan Identitas Brand dalam Desain Website

Website akan menjadi perwakilan brand Anda di internet. Setiap aspek desainnya, mulai dari skema warna hingga tipografi website, harus mencerminkan identitas brand yang Anda bangun. Sebagai contoh, desain website perusahaan teknologi biasanya menunjukkan ciri khas yang modern dan futuristik.

Gunakan Skema Warna Profesional

Penting untuk memilih skema warna website yang tepat karena bisa membangkitkan emosi pengunjung dan menyampaikan pesan brand Anda. Misalnya, warna biru dianggap sebagai lambang kepercayaan dan stabilitas sehingga cocok untuk perusahaan yang memprioritaskan dua nilai tersebut.

Hadirkan Desain yang Memprioritaskan Pengunjung

Pastikan website Anda mudah diakses dengan navigasi yang mudah, CTA yang jelas, dan desain yang responsif. Selain itu, sajikan konten yang menarik dan informatif yang relevan dengan niche bisnis dan klien Anda.

Desain yang Konsisten di Semua Halaman

Semua halaman website harus mengandung elemen warna, tipografi, dan visual yang seragam untuk meningkatkan branding bisnis Anda. Dengan demikian, website perusahaan Anda pun bisa turut membantu memperkenalkan bisnis Anda secara lebih luas.

SEO-Friendly

Website yang SEO-friendly akan mendapatkan lebih banyak traffic organik dan lebih mudah ditemukan melalui mesin pencari menggunakan kata kunci yang relevan.

Untuk memaksimalkan strategi SEO website, Anda perlu menggunakan judul yang tepat, gambar yang optimal, konten yang mengandung kata kunci, serta URL yang terstruktur dengan baik.

Selain itu, pastikan untuk menggunakan paket hosting yang cepat sehingga website perusahaan Anda bisa diakses tanpa lemot.

Kesimpulan

Saat mendesain website perusahaan, pastikan semua elemen halamannya mudah diakses, estetik, dan sesuai dengan nilai-nilai brand Anda. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, website Anda pun bisa menarik lebih banyak audiens dan peluang bisnis.

Selain itu, website perusahaan yang didesain dengan baik juga tidak hanya akan membantu memperluas jangkauan bisnis Anda, tapi juga membangun kepercayaan di mata pengunjung, yang akhirnya mendorong mereka untuk menjadi pelanggan setia.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami. Kenali Ninda lebih dekat di LinkedIn.