Halaman Apa Saja yang Dibutuhkan di Website Perusahaan?
Agar bisnis Anda semakin dikenal orang banyak, terlebih di internet, maka salah satu metodenya adalah dengan mengonlinekan website perusahaan. Dengan website bisnis, Anda bisa menyediakan berbagai informasi, seperti visi dan misi, staff member, dan produk serta layanan apa saja yang disediakan.
Sayangnya masih banyak perusahaan yang menampilkan halaman website yang tidak efektif dan tidak berguna. Jika Anda berencana menambahkan halaman web yang tak perlu, maka kami sarankan untuk mengurungkan niat tersebut saat itu juga. Mengapa? Karena Anda hanya akan membuang-buang waktu, padahal Anda bisa melakukan hal lain yang lebih produktif.
Di artikel ini kami akan membahas apa saja halaman website yang penting untuk ditambahkan ke web bisnis Anda. Meskipun platform yang kami gunakan adalah WordPress, tujuh halaman penting yang wajib ada di web bisa menjadi referensi Anda untuk membuat website perusahaan dengan platform lain.
Seberapa Pentingkah Website Perusahaan?
Coba lihat web bisnis yang sering Anda buka dengan saksama. Di sana Anda akan lihat bahwa website tersebut menggunakan sejumlah tool penyaring informasi. Sebagai contoh, fitur bantuan pelanggan tidak terlalu dibutuhkan jika yang Anda buat adalah website bisnis untuk furniture yang dijual secara lokal.
Idealnya hanya halaman website yang diperlukan saja yang harus ditambahkan ke situs perusahaan. Akan tetapi, memilih mana halaman web yang tepat guna seringkali menjadi tantangan tersendiri. Untuk membuat website perusahaan, setidaknya Anda harus tahu dan paham halaman mana saja yang wajib dijalankan di web bisnis.
Setiap website perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Sebagai contoh:
- Website agensi. Untuk tipe website ini, halaman yang harus ditambahkan adalah halaman harga, informasi mengenai anggota tim bisnis Anda, halaman kontak yang dapat dihubungi, dan portofolio.
- Situs bisnis lokal. Untuk website perusahaan lokal, Anda wajib menambahkan halaman kontak perusahaan atau kantor, informasi mengenai produk atau layanan yang ditawarkan, dan yang paling penting adalah halaman Tentang Kami (About Us).
- Website untuk berbagai layanan online. Di situs bisnis online, halaman yang sebaiknya dipasang adalah halaman harga dan bantuan pelanggan serta contoh produk atau layanan yang Anda sediakan, syarat dan ketentuan penggunaan, dan halaman kontak.
Satu hal yang harus Anda tahu bahwa setiap website bisnis memiliki keunikan tersendiri. Tidak ada formula atau bahkan rumus khusus jika ingin membuat website perusahaan. Anda dituntut untuk mengenal dan mengetahui secara menyeluruh mengenai tujuan melakukan bisnis. Dengan demikian, Anda akan menemukan struktur yang tepat untuk website.
Sedikitnya terdapat tujuh halaman website penting yang biasanya ada di web bisnis dan berguna di segala situasi. Jika Anda sudah tahu apa saja ketujuh halaman tersebut, maka pembuatan situs bisnis akan semakin mudah.
7 Halaman Penting yang Wajib Ada di Website Bisnis Anda
Di sini kami akan membahas tujuh halaman website yang sebaiknya dipasangkan di website perusahaan Anda. Kami akan menyebutkan contoh, penjelasan apa saja yang harus disertakan, dan kapan harus menggunakan masing-masing halaman tersebut. Bahkan Anda dapat mengombinasikan ketujuh halaman tersebut sesuai selera dan kebutuhan Anda.
1. Contact Us (Hubungi Kami)
Membuat halaman Contact Us tidak begitu sulit. Bahkan di dalamnya terdapat fitur bawaan formulir kontak yang memudahkan para pengunjung situs agar bisa menghubungi Anda tanpa melalui proses yang panjang dan berliku.
Sebenarnya, terserah Anda jika hanya ingin mengaktifkan fitur formulir kontak. Hanya saja, agar terlihat lebih profesional dan tepercaya, Anda pasti akan menambahkan beberapa poin ke halaman Contact Us, termasuk alamat email dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Bahkan tak menutup kemungkinan bahwa Anda akan mengaktifkan fitur khusus di mana para pengunjung situs atau klien bisa langsung menghubungi Anda melalui website.
Halaman Contact Us merupakan tempat yang tepat untuk menambahkan fitur maps jika Anda juga mendirikan toko fisik, di samping toko online tentunya. Dengan adanya fitur tambahan berupa maps, pengunjung situs memperoleh informasi yang valid mengenai alamat dan lokasi toko Ada. Untuk fitur maps, gunakan layanan seperti Google Maps yang memungkinkan Anda untuk embed maps di website dan meng-highlight lokasi tertentu.
Secara tidak langsung, melalui halaman Contact Us, Anda ingin menyampaikan bahwa dengan beberapa metode inilah para pengunjung situs bisa berkomunikasi langsung atau bertukar pesan elektronik dengan Anda.
2. About Us (Tentang Kami)
Tidak ada satu orang pun yang mau bekerja sama dengan perusahaan tanpa informasi yang jelas. Setidaknya ada informasi singkat di halaman khusus yang menjelaskan mengenai latar belakang perusahaan atau bisnis beserta visi dan misinya. Sebagai contoh, Anda sedang mencari jasa pengacara lokal di daerah sekitar Anda. Tentu saja tempat pertama yang dituju adalah mesin pencari seperti Google, kecuali jika teman atau rekan Anda merekomendasikan seorang pengacara.
Jika memasukkan keyword atau kata kunci tertentu, maka secara otomatis mesin pencari akan memunculkan banyak opsi. Anda tidak mungkin, kan, menggunakan seluruh sumber tersebut untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan? Tentu saja Anda akan melakukan ‘pengerucutan’ dengan melihat website resminya satu per satu. Membuka website dan melihat informasi pribadi, seperti biografi singkat, dari para pemiliknya seolah-olah mendekatkan jarak yang jauh di antara Anda dan pengelola bisnis.
Apa pun tipe bisnis yang dijalankan, baik yang berskala kecil maupun besar, akan lebih baik bagi Anda untuk menyebutkan anggota atau staff yang terlibat di balik berdirinya perusahaan atau bisnis. Halaman About Us dan juga halaman khusus yang memuat anggota tim memberi peluang yang sangat bagus bagi bisnis Anda untuk lebih dikenal. Dengan halaman ini, para pengunjung atau calon klien bisa lebih mengetahui kisah dan latar belakang pendirian bisnis Anda.
Tahukah Anda kalau menambahkan foto ternyata dapat meningkatkan konversi website? Karena dengan adanya foto, para pengunjung situs percaya mengenai kredibilitas website dan juga bisnis Anda. Dengan kata lain, semakin ‘otentik’ bisnis Anda, maka semakin kecil pula kemungkinan bisnis Anda diacuhkan.
3. Frequently Asked Questions (FAQ)
Banyak kelebihan yang bisa didapatkan oleh Anda jika memasang halaman FAQ di website perusahaan. Bahkan Anda juga bisa mengaktifkan halaman Knowledge Base (Pengetahuan Dasar), yang tentu saja tergantung pada besar kecilnya bisnis serta jenis layanan yang ditawarkan. Sebagai contoh, karena Hostinger Indonesia menitikberatkan pada layanan web hosting terbaik, maka pertanyaan yang muncul pun seputar permasalahan teknis. Untuk itu, kami membuat halaman Knowledge Base (Pengetahuan Dasar) yang memuat pertanyaan serta jawaban teknis. Di halaman ini, klien atau user kami akan menemukan informasi yang dicari:
Untuk web bisnis yang lebih sederhana atau berskala kecil, halaman FAQ saja sudah lebih dari cukup. Contoh penerapan halaman FAQ: anggap saja Anda sedang menjalankan toko online t-shirt yang menawarkan layanan custom. Orang-orang bisa menentukan sendiri pola, motif, atau bahkan warna kemeja atau kaos yang diinginkan. Tentunya sebelum sampai ke kata deal, akan ada beberapa pertanyaan yang terlontarkan, seperti:
- Bagaimana caranya mengirimkan desain atau rancangan saya?
- Apa ukuran yang Anda gunakan untuk membuat kemeja atau kaos?
- Apakah Anda melakukan pengiriman ke seluruh negara atau area tertentu?
- Berapa lama saya harus menunggu sampai pesanan selesai dan diterima?
Banyaknya pertanyaan yang muncul mau tidak mau mengharuskan Anda untuk mengaktifkan halaman FAQ. Anda pun tidak harus menjawab pertanyaan yang sama berulang-ulang kali baik melalui telepon atau email.
Meskipun sudah ada FAQ, Anda masih tetap harus bergumul dengan pertanyaan dan keluhan pelanggan. Itulah seninya berbisnis, Anda tidak bisa lepas begitu saja. Hanya saja apabila sudah ada FAQ, Anda tinggal mengarahkan para pelanggan ke fitur tersebut agar mereka bisa menemukan informasi yang dicari dan dibutuhkan.
Jangan terburu-buru dan juga jangan asal dalam menulis pertanyaan dan jawaban di halaman FAQ. Pastikan informasi yang Anda pasang di sana singkat, jelas, dan padat serta mudah dimengerti. Halaman FAQ merupakan salah satu halaman website yang vital karena sedikit banyak mengangkat beban Anda dan juga staff di bagian customer support (bantuan pelanggan).
4. Pricing (Harga)
Pertanyaan yang paling sering muncul, apa pun jenis bisnisnya, adalah: “Berapa biayanya?”. Untuk bisnis yang menawarkan produk atau layanan dengan harga yang sudah tak bisa ditawar lagi (fixed prices), maka sebaiknya tampilkan informasi tentang harga demi memudahkan Anda dan juga para calon pembeli. Biasanya ada halaman khusus yang memasang informasi tentang harga produk atau layanan. Melalui halaman ini, Anda dapat menambahkan sebanyak mungkin informasi mengenai harga dan penawaran tanpa harus mengubah tatanan website perusahaan.
Ada banyak cara untuk memodifikasi halaman tersebut, salah satunya adalah dengan membuat tabel atau daftar harga, seperti yang ditunjukkan pada screenshot di atas. Berikut beberapa kelebihan daftar harga:
- Visitor bisa membandingkan antara satu pilihan dengan pilihan lainnya.
- Anda bisa menulis ringkasan mengenai keunggulan dari masing-masing pilihan yang ditawarkan.
- Anda dapat menentukan pilihan terbaik yang sebaiknya dipilih pembeli dari sekian pilihan yang disediakan.
Tidak semua jenis bisnis bisa menerapkan daftar harga. Sebagai contoh, Anda menjual suatu barang dan untuk harganya, Anda harus melakukan pembicaraan dulu dengan klien. Pemasangan informasi harga tentu tidak memungkinkan untuk jenis bisnis seperti ini. Kalau sudah begini, yang Anda perlu lakukan adalah menambahkan beberapa informasi penting di halaman Contact Us, seperti menegaskan bahwa harus terjadi komunikasi antara Anda dan klien terlebih dulu guna mengetahui persyaratan yang ditetapkan sebelum membicarakan soal harga.
5. Support (Bantuan Pelanggan)
Pasti ada saja masalah terkait produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Orang-orang akan datang ke website atau langsung menghubungi Anda melalui email atau telepon untuk menyampaikan masalah yang ditemui. Agar fitur bantuan bisa dimaksimalkan dengan baik, aktifkan halaman khusus untuk bantuan pelanggan.
Halaman FAQ memang memuat pertanyaan dan jawaban mengenai hal-hal teknis yang terkait bisnis Anda. Namun, halaman FAQ bukanlah pengganti dari fitur bantuan pelanggan. Biasanya orang-orang akan mencari informasi yang dibutuhkan di mesin pencari atau sumber lain terlebih dulu sebelum akhirnya mereka menyerah dan berkomunikasi dengan Anda untuk meminta bantuan.
Setidaknya dengan adanya halaman bantuan pelanggan, pengunjung situs bisa lebih mudah dalam ‘mengadukan’ masalah pada Anda. Bantuan pelanggan bisa dalam bentuk formulir kontak, live chat, atau forum komunitas di mana klien atau user menuliskan pertanyaan apa pun terkait produk dan layanan yang Anda tawarkan. Jika website perusahaan Anda berbasis WordPress, maka fitur-fitur ini dapat ditambahkan dengan mudah. Ada banyak plugin khusus formulir kontak, live chat, dan forum yang bisa langsung diinstall dan diaktifkan.
Anda tidak harus mengaktifkan semua fitur tersebut. Pilihlah salah satu sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing fitur yang disebutkan sebelumnya:
- Formulir kontak. Keuntungan menerapkan metode bantuan pelanggan dengan meminta mereka untuk mengirimkan pertanyaan melalui email adalah Anda tidak perlu langsung menjawabnya. Hanya saja, sebagai pemilik bisnis, Anda tidak bisa mengindahkan ketepatan dan kecepatan dalam menangani masalah pelanggan. Dengan fitur formulir kontak, Anda bisa membalas pertanyaan dan/atau keluhan klien tanpa membutuhkan waktu lama.
- Live chat. Memasang fitur bantuan berupa live chat berarti Anda tahu konsekuensinya bahwa pelanggan ‘menuntut’ kecepatan dalam penanganan masalah. Anda (dan tim) harus siap sedia sepanjang hari menanggapi setiap keluhan dan masalah yang disampaikan.
- Forum komunitas. Kelebihan dari fitur ini adalah satu pengunjung situs bisa melihat pertanyaan pengunjung lain beserta jawaban-jawabannya. Secara tidak langsung, pertanyaan dan jawaban yang saling terlontar membantu pelanggan menemukan informasi yang dicari.
Sama seperti halaman FAQ, halaman bantuan pelanggan juga tidak bisa diterapkan di semua jenis bisnis, apalagi kalau Anda tidak menawarkan layanan online atau melakukan pengiriman ke berbagai daerah bahkan negara. Bagi bisnis yang memiliki toko fisik, orang-orang cenderung langsung datang ke toko atau menghubungi Anda via telepon ketika mereka membutuhkan bantuan atau hendak bertanya tentang sesuatu.
6. Kebijakan Privasi
Akhir-akhir ini perkembangan internet semakin signifikan, dan sudah banyak layanan yang hadir dalam bentuk digital. Masing-masing layanan tentu memiliki peraturan serta syarat yang mengamankan perusahaan dan kliennya agar tidak timbul masalah dan melanggar hukum, aturan, dan ketetapan yang berlaku. Di sinilah kebijakan privasi berlaku. Apabila Anda membuat website perusahaan yang mengharuskan klien atau usernya memasukkan berbagai data dan informasi sensitif, maka di situlah Anda menyadari betapa pentingnya kebijakan privasi.
Sebagai contoh, cookies yang dipasang di website bisnis langsung mengoleksi data dari user. Fitur sign-up (buat akun baru) atau formulir kontak juga mewajibkan klien memasukkan data dan informasi pribadi mereka. Untuk menjelaskan kebijakan yang berlaku lebih lanjut, Anda harus memasang kebijakan privasi. Dengan aturan dan regulasi, seperti General Data Protection Regulation (GDPR), pengunjung situs, user, ataupun klien jadi tahu jenis data yang disimpan dan bagaimana serta untuk apa data tersebut digunakan.
Memasang kebijakan privasi juga menunjukkan bahwa Anda bertanggung jawab terhadap keamanan informasi yang mereka masukkan. Jika gagal melindungi data dan informasi klien, maka Anda akan diminta pertanggungjawaban. Ingatlah untuk selalu menyebutkan informasi yang jelas di awal demi memperoleh kepercayaan dan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.
Untuk membuat kebijakan privasi, Anda tidak harus menyewa jasa pengacara. Ada banyak tool pembuat kebijakan privasi khusus untuk website. Hanya saja, saat membuat kebijakan privasi, Anda tetap harus mengacu pada persyaratan yang dimuat dalam GDPR, dan pastikan isinya sesuai dengan hukum serta ketetapan yang berlaku.
7. Terms of Service (Ketentuan Penggunaan)
Membuat website perusahaan berarti Anda akan berurusan dengan berbagai layanan, seperti pembelian, pengiriman, pendaftaran akun baru, dan lain sebagainya. Agar user atau klien mendapatkan informasi yang cukup mengenai layanan yang ditawarkan, maka Anda wajib memasang halaman Terms of Service (Ketentuan Penggunaan). Halaman ini memuat informasi penting tentang layanan Anda, seperti:
- Siapa saja yang bisa menggunakan layanan Anda?
- Dalam kondisi seperti apa yang memungkinkan Anda tidak menawarkan layanan tersebut?
- Apa yang akan diterima user ketika mereka menyewa jasa Anda atau melakukan pembelian di website Anda?
- Persyaratan hukum lainnya yang relevan dengan niche atau bisnis Anda.
Dengan kata lain, halaman Terms of Service membahas web bisnis Anda dari perspektif hukum. Tidak seperti kebijakan privasi yang bisa dibuat menggunakan tool digital, untuk mengonsepkan Ketentuan Penggunaan (Terms of Service), kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan pengacara. Ingatlah bahwa bila tidak memasukkan informasi penting atau salah mencantumkan sesuatu, maka Anda akan diminta pertanggungjawabannya.
Halaman Ketentuan Penggunaan tidak dibutuhkan jika Anda tidak menyediakan layanan di website. Misalnya, untuk toko fisik, ada pengukuran atau kualifikasi lain yang dibutuhkan guna melindungi diri dan bisnis Anda.
Kesimpulan
Agar tujuan pembuatan website perusahaan menjadi maksimal dan efektif, maka Anda harus tahu halaman website apa saja yang diwajibkan ada di web. Sebagai contoh, ada website bisnis yang memerlukan halaman bantuan pelanggan, dan ada pula web bisnis yang hanya membutuhkan halaman Kontak. Demikian juga halnya dengan website bisnis yang membutuhkan atau malah tidak membutuhkan halaman FAQ, tapi halaman kebijakan privasi dan ketentuan penggunaan menjadi sangat penting dan vital untuk disertakan (tentu saja tergantung pada jenis bisnis yang Anda jalankan).
Apakah Anda punya pertanyaan tentang cara membuat website bisnis di WordPress? Silakan tuliskan pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini!