Cara mengatur opsi pengiriman produk menggunakan WooCommerce

Cara mengatur opsi pengiriman produk menggunakan WooCommerce

Saat membuat toko online dengan WooCommerce, ada beberapa opsi yang perlu Anda atur sebelum mulai menerima pesanan. Apabila Anda menjual produk fisik, salah satu opsi ini adalah pengiriman produk.

Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mengatur opsi pengiriman produk di WooCommerce, termasuk opsi pengambilan lokal agar pelanggan bisa mengambil produk langsung di toko Anda.

Selain itu, kami akan merekomendasikan beberapa plugin untuk meningkatkan fitur pengiriman bawaan WooCommerce. Mari simak tutorialnya di bawah ini!

Memahami pengaturan pengiriman di WooCommerce

WooCommerce memiliki dua pengaturan dasar untuk pengiriman, yaitu shipping class (kelas pengiriman) dan shipping zone (zona pengiriman).

Shipping class berfungsi untuk mengelompokkan produk berdasarkan kebutuhan pengiriman yang serupa. Misalnya, Anda bisa membuat kelas “berat” untuk barang besar, dan kelas “ringan” untuk barang yang lebih kecil.

Sementara itu, shipping zone menentukan tarif dan metode pengiriman berdasarkan lokasi pelanggan. Anda bisa membuat zona khusus untuk negara, provinsi, atau wilayah tertentu, dan menetapkan metode pengiriman yang berbeda untuk setiap zona.

Meskipun Anda bisa menggunakan salah satunya saja, kombinasi keduanya akan membantu Anda menetapkan ongkis kirim yang lebih akurat dan sesuai sehingga tidak terlalu mahal bagi pelanggan atau terlalu rendah bagi Anda.

Cara mengatur kelas pengiriman WooCommerce

Apabila toko WooCommerce Anda memiliki banyak kategori produk, pertimbangkan untuk menggunakan kelas pengiriman guna menyesuaikan tarif pengiriman. Kalau tidak, silakan lewati ke bagian berikutnya.

Berikut cara mengatur kelas pengiriman di WooCommerce:

  1. Masuk ke WooCommerceSettings (Pengaturan) di dashboard WordPress.
  2. Buka tab Shipping (Pengiriman), lalu pilih Classes (Kelas) → Add shipping class (Tambah kelas pengiriman).
  1. Masukkan nama kelas, slug, dan deskripsi. Klik Create (Buat) kalau Anda sudah selesai.

Setelah membuat semua kelas pengiriman yang diperlukan, ikuti langkah-langkah berikut untuk menetapkannya ke produk Anda:

  1. Buka Products (Produk) → All Products (Semua Produk) dan centang semua produk yang ingin Anda atur.
  2. Dari menu drop-down Bulk actions (Tindakan massal), klik Edit, lalu Apply (Terapkan).
  1. Temukan pengaturan Shipping class (Kelas pengiriman), pilih kelas yang sesuai, dan klik Update (Perbarui).

Cara mengatur zona dan metode pengiriman di WooCommerce

Karena zona pengiriman WooCommerce menentukan opsi pengiriman yang akan dilihat pelanggan pada saat checkout, kami akan membahas keduanya di bagian ini. Silakan lewati bagian ini kalau Anda hanya membebankan tarif pengiriman tetap ke semua lokasi.

Mengatur zona pengiriman

WooCommerce menetapkan zona pengiriman berdasarkan kriteria pertama yang cocok dengan pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa membuat beberapa zona tanpa memengaruhi satu sama lain.

Berikut cara membuat zona pengiriman baru:

  1. Buka WooCommerce → Settings (Pengaturan) dan konfigurasikan pengaturan Shipping location (Lokasi pengiriman) di tab General (Umum). Tekan Save changes (Simpan perubahan) setelah Anda selesai.
  1. Buka tab Shipping (Pengiriman) dan pilih Add zone (Tambahkan zona).
  1. Masukkan nama zona dan centang wilayah yang ingin Anda sertakan dalam zona pengiriman. Wilayah ini bisa mencakup benua, negara, dan negara bagian atau provinsi.
  1. Anda juga bisa membatasi zona pengiriman ke kode pos tertentu menggunakan salah satu atau kombinasi format berikut:
    • Kode pos tertentu – masukkan kode pos yang Anda inginkan, dipisahkan dengan koma atau baris (55281, 55284, 53173).
    • Wildcard – gunakan tanda bintang (*) untuk mencocokkan kode pos yang dimulai dengan serangkaian angka tertentu. Misalnya, 552* akan cocok dengan kode pos apa pun yang dimulai dengan “552”.
    • Rentang numerik – tambahkan elipsis (…) di antara dua kode pos untuk menentukan rentang. Misalnya, 55280…55290 cocok dengan semua kode pos antara 55280 hingga 55290.
  2. Karena kita akan membahas metode pengiriman di bagian berikutnya, mari lewati dulu dan tekan Save changes (Simpan perubahan).

Ulangi proses ini untuk menambahkan zona pengiriman lainnya. Anda bisa mengelolanya nanti di bagian Shipping zones (Zona pengiriman).

Dalam daftar zona, Anda akan melihat zona pengiriman default yang ditambahkan secara otomatis oleh WooCommerce, yaitu Rest of the World (Belahan Dunia Lainnya). Zona ini berlaku untuk pelanggan yang areanya tidak terdaftar dalam zona yang Anda tentukan.

Anda bisa menggunakan zona ini untuk mengecualikan wilayah tertentu dengan meniadakan opsi khusus bagi wilayah tersebut. Jangan tetapkan metode pengiriman apa pun ke zona tersebut.

Mengatur metode pengiriman

Setelah pengaturan zona pengiriman selesai, Anda bisa mulai menetapkan metode pengiriman untuk setiap zona.

Pada bagian Shipping zones (Zona pengiriman), pilih zona yang Anda inginkan, lalu tekan Edit. Kemudian, scroll ke bagian Shipping methods (Metode pengiriman) dan klik Add shipping method (Tambahkan metode pengiriman).

Akan muncul jendela pop-up dengan tiga pilihan untuk pengiriman gratis, tarif tetap, dan pengambilan lokal. Berikut penjelasannya, dimulai dari yang pertama.

Free shipping (pengiriman gratis)

Metode pengiriman ini sangat cocok untuk promosi dan mendorong penjualan dalam jumlah tertentu.

Cara mengatur opsi pengiriman WooCommerce ini juga sangat mudah. Cukup beri nama metode Anda, lalu pilih salah satu dari persyaratan berikut dari menu drop-down:

  • No requirement (Tidak ada persyaratan) – sediakan gratis ongkir ke semua pelanggan di zona tersebut.
  • Valid free shipping coupon (Kupon pengiriman gratis valid) – pengiriman gratis berlaku kalau pelanggan menggunakan kupon (voucher). Lihat tutorial WooCommerce kami kalau Anda memerlukan bantuan untuk mengatur kupon.
  • Minimum order amount (Jumlah minimal pesanan) – pelanggan mendapatkan gratis ongkir dengan minimal belanja tertentu. Anda akan melihat kolom untuk mengatur jumlahnya setelah memilih opsi ini.
  • Minimum order amount OR a coupon (Jumlah pesanan minimum ATAU kupon) – gratis ongkos kirim tersedia kalau pelanggan memenuhi jumlah minimal pembelian atau menggunakan kupon gratis ongkir.
  • Minimum order amount AND a coupon (Jumlah pesanan minimum DAN kupon) – gratis ongkos kirim hanya tersedia kalau pelanggan memenuhi jumlah minimal pembelian dan menggunakan kupon gratis ongkir.

WooCommerce akan mengecek persyaratan pengiriman gratis secara default setelah diskon kupon diterapkan. Misalnya, kalau jumlah pesanan pelanggan adalah Rp200.000 dan mereka menggunakan kupon Rp100.000, WooCommerce akan menggunakan total Rp100.000 untuk menentukan pengiriman gratis.

Untuk menerapkan pengiriman gratis sebelum harga diskon, cukup centang kotak di bawah kolom jumlah pesanan minimum. Opsi ini muncul ketika memilih persyaratan apa pun dengan kode kupon.

Flat rate (tarif tetap)

Metode pengiriman ini ideal untuk menetapkan tarif pengiriman standar per item, kelas pengiriman, atau pesanan. Metode ini mempermudah penghitungan ongkos kirim bagi seluruh produk dan wilayah.

Setelah memilih Flat rate (Tarif tetap), WooCommerce akan meminta Anda untuk memasukkan nama, status pajak, dan ongkos kirim untuk seluruh keranjang.

WooCommerce menerima tarif pengiriman tetap khusus berdasarkan persentase atau biaya minimum menggunakan parameter berikut:

  • [qty] – jumlah item dalam keranjang.
  • [cost] – biaya per item untuk pengiriman.
  • [fee percent=] – persentase biaya yang akan diterapkan pada pesanan.
  • [min_fee=] – biaya minimum yang harus dibebankan (meskipun perhitungan menghasilkan jumlah yang lebih rendah).
  • [max_fee=] – biaya maksimum yang akan dibebankan (meskipun perhitungan menghasilkan jumlah yang lebih tinggi).

Anda bisa menggabungkan parameter-parameter ini untuk membuat rumus tarif khusus. Misalnya, kalau ingin membebankan tarif tetap Rp100.000 + biaya 10% dari total pesanan, Anda bisa menulis rumusnya seperti berikut:

100000 + [fee percent="10"]

Untuk membebankan tarif tetap sebesar Rp100.000 + Rp2.500 bagi setiap item di keranjang pelanggan, tambahkan rumus ini:

100000 + ( 2500 * [qty] )

Anda bisa membaca dokumentasi WooCommerce kalau memerlukan contoh dan tips lainnya untuk membuat Rumus biaya kustom.

Apabila toko online Anda memiliki kelas pengiriman, Anda juga bisa menggunakan parameter tersebut dalam Rumus biaya untuk membuat tarif pengiriman khusus untuk berbagai jenis produk. Metode ini memungkinkan Anda menawarkan pengiriman gratis untuk produk tertentu dan tarif tetap untuk produk lainnya.

Jangan lupa mengatur Jenis perhitungan untuk menerapkan tarif per kelas atau untuk kelas pengiriman yang paling mahal. Setelah selesai, tekan Create and save (Buat dan simpan).

Opsi alternatif: Pengambilan lokal

Apabila toko WooCommerce Anda memiliki lokasi fisik, Anda bisa menyediakan opsi pengambilan lokal atau ambil di lokasi. Metode pengiriman ini membantu pelanggan berhemat, sekaligus memudahkan pelanggan yang masih satu wilayah.

Pengaturan pengambilan lokal akan bergantung pada blok WooCommerce Checkout. Untuk mengecek apakah halaman checkout Anda menggunakan blok ini, buka WooCommerce Pengiriman (Shipping) dan temukan submenu Local pickup (Pengambilan lokal).

Kalau opsi tersebut tidak ada, Anda harus mengganti shortcode Checkout lama dengan blok tersebut. Caranya, buka Pages (Laman) dan edit halaman Checkout. Hapus blok Shortcode dan ganti dengan blok Checkout. Klik Save (Simpan) kalau sudah selesai.

Setelah submenu Pengambilan lokal muncul, klik dan centang opsi Enable local pickup (Aktifkan pengambilan lokal). Anda juga bisa mengubah nama metode agar lebih spesifik dengan mengedit bagian Title (Judul).

Secara default, biaya pengambilan lokal adalah gratis. Untuk menambahkan biaya pengambilan, tambahkan jumlahnya di kolom Additional cost for local pickup (Biaya tambahan untuk penjemputan lokal), lalu tetapkan tarif dan pajak.

Apabila opsi pengambilan lokal diaktifkan, WooCommerce akan meminta Anda untuk menambahkan lokasi pengambilan. Cukup scroll ke bawah ke bagian Pickup locations (Lokasi pengambilan) dan klik Add pickup location (Tambahkan lokasi pengambilan).

Pastikan untuk memasukkan alamat yang benar, karena WooCommerce akan menggunakannya untuk menghitung pajak pesanan.

Bagian lokasi penjemputan akan menampilkan semua lokasi yang ditambahkan. Klik tombol alih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan setiap lokasi. Setelah selesai, klik Save changes (Simpan perubahan).

Selesai! Metode pengiriman pengambilan lokal sekarang akan muncul di halaman Checkout Anda.

Butuh bantuan menggunakan Gutenberg?

Yuk, baca panduan WordPress Gutenberg kami untuk memahami tips dan cara menggunakan editor blok ini!

Rekomendasi plugin pengiriman WooCommerce

Setiap toko WooCommerce melayani kebutuhan bisnis yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sistem pengiriman bawaannya mungkin masih belum cukup.

Untungnya, ada sejumlah plugin WordPress yang bisa menambahkan opsi pengiriman dan membantu Anda menyediakan metode pengiriman yang lebih fleksibel bagi pelanggan.

Berikut adalah beberapa ekstensi dan plugin pengiriman WooCommerce yang paling populer:

  • Table Rate Shipping – tetapkan beberapa tarif pengiriman per zona berdasarkan kondisi seperti harga, kelas pengiriman, atau berat dan urutkan berdasarkan prioritas.
  • Conditional Shipping and Payments – membatasi opsi pengiriman dan pembayaran yang tersedia di toko Anda menggunakan logika bersyarat, seperti peran pengguna dan negara yang dipilih untuk membebankan tagihan.
  • Flat Rate Shipping for WooCommerce – mempermudah pengaturan tarif tetap bawaan serta menyediakan fitur untuk menambahkan aturan tingkat lanjut, seperti menambahkan metode pengiriman tertentu selama periode tertentu.
  • AfterShip Tracking – memantau pengiriman dari berbagai operator langsung di dashboard Anda dan menyediakan link tracking bagi pelanggan untuk mengikuti pesanan mereka.

Sekilas Info

Hostinger menyediakan fitur Smart WordPress Auto Update dengan semua paket hosting WooCommerce untuk membantu menjaga semua plugin, tema, dan software inti WordPress Anda tetap up-to-date dan aman.

Kesimpulan

WooCommerce memudahkan siapa saja untuk membuat toko online sesuai kebutuhan bisnisnya, termasuk menangani pengiriman. Dengan opsi yang tepat, Anda bisa menetapkan ongkos kirim yang akurat, proses yang lebih cepat, dan pengalaman belanja yang lebih optimal bagi pelanggan Anda sehingga mereka senang berbelanja di toko online Anda lagi.

Di artikel ini, kami sudah menunjukkan cara mengatur opsi pengiriman produk di WooCommerce. Saat mengaturnya di toko Anda, ingat hal-hal berikut ini:

  • Atur zona pengiriman berdasarkan lokasi pengiriman Anda.
  • Sediakan metode pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan preferensi pelanggan Anda.
  • Gunakan kelas pengiriman untuk menetapkan tarif khusus dan menghindari kelebihan atau kekurangan biaya.
  • Uji pengaturan Anda untuk memastikan tarif dan opsi pengiriman muncul dengan benar pada saat checkout.

Mudah-mudahan, tutorial ini berhasil membantu Anda mengatur semuanya dengan benar, ya. Apabila masih memiliki pertanyaan, sampaikan lewat komentar atau hubungi tim Customer Success kami melalui live chat 24/7. Semoga berhasil!

Tanya jawab (FAQ) cara mengatur pengiriman di WooCommerce

Apa saja opsi pengiriman default di WooCommerce?

WooCommerce menyediakan tiga opsi pengiriman default: tarif tetap (dengan biaya sama), pengiriman gratis (gratis ongkir dengan maupun tanpa syarat), dan pick-up (ambil di toko). Anda bisa mengatur opsi-opsi ini untuk setiap zona pengiriman agar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Bagaimana cara tracking pengiriman di WooCommerce?

Karena fitur pengiriman WooCommerce bawaan tidak menyertakan tracking pengiriman, Anda perlu menginstal ekstensi atau plugin WooCommerce tambahan. Beberapa yang paling populer adalah AfterShip Tracking, FedEx Shipping Method, dan Advanced Shipment Tracking.

Apa perbedaan tarif tetap dan pengiriman gratis?

Pengiriman tetap (fixed rate) membebankan biaya yang sama, berapa pun ukuran atau berat pesanan. Pengiriman gratis berarti pelanggan tidak perlu membayar apa pun untuk pengiriman, yang ideal untuk promosi atau pesanan dalam jumlah tertentu.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami. Kenali Ninda lebih dekat di LinkedIn.