Apa itu WooCommerce? Mari cari tahu fitur-fitur dan biayanya

Saat sedang mencari platform untuk membuat website toko online, Anda mungkin sering menemukan nama WooCommerce. Sebenarnya, WooCommerce itu apa, sih?

Tenang, kami akan menjawabnya di artikel ini untuk membantu Anda memahami apa itu WooCommerce, fitur-fiturnya, cara kerjanya, dan proses setupnya.

Kami juga akan menjelaskan informasi tambahan yang tidak kalah penting, terutama bagi Anda yang ingin membuat website toko online. Yuk, langsung saja kita pelajari lebih lanjut tentang WooCommerce!

WooCommerce adalah plugin toko online gratis yang dibuat untuk WordPress. Plugin ini menyediakan berbagai fitur penting yang bisa mengubah website Anda menjadi toko online. Anda bisa menambahkan produk, mengatur opsi pembayaran, memilih metode pengiriman, dan banyak lagi. Menggunakan plugin ini, Anda tetap bisa menggunakan fitur desain website WordPress seperti biasa, sekaligus menambahkan lebih banyak fitur toko pada website Anda dengan ekstensi WooCommerce dan plugin lain yang kompatibel.

Bagaimana cara kerja WooCommerce?

Singkatnya, WooCommerce berfungsi untuk menambahkan fungsionalitas toko online pada WordPress. Plugin ini tidak menghapus fitur inti CMS WordPress, tapi justru menambahkan semua tool yang Anda butuhkan untuk membuat toko online di WordPress.

tampilan contoh produk woocommerce

Dengan plugin WooCommerce, Anda bisa mengaktifkan fitur-fitur jualan, seperti manajemen stok, pemrosesan pembayaran, pengeditan produk, dan kalkulator ongkir.

Fitur ini bekerja secara berdampingan dengan fungsionalitas yang sudah disediakan WordPress. Jadi, Anda masih bisa menggunakan WordPress untuk membuat blog, serta Block Editor untuk menyesuaikan halaman dan postingan.

tampilan homepage woocommerce

Dari sisi desain, tersedia juga tema gratis dan premium yang dibuat khusus untuk WooCommerce. Selain itu, Anda bisa menginstal ekstensi atau plugin untuk WooCommerce guna menambahkan lebih banyak fitur ke toko online Anda.

Fitur-fitur utama WooCommerce

Nah, sekarang, mari kita lihat fitur-fitur utama WooCommerce beserta cara kerjanya.

Penginstalan dan pengaturan yang mudah

Karena WooCommerce memiliki banyak fitur, Anda mungkin perlu mempelajarinya dulu agar terbiasa menggunakannya. Untungnya, proses penginstalan dan pengaturan WooCommerce terbilang cukup mudah.

Apabila sudah berlangganan paket Managed WooCommerce Hosting di Hostinger, Anda tidak perlu menginstal WooCommerce secara manual karena plugin ini sudah terinstal secara otomatis di website Anda.

Paket ini secara khusus dioptimalkan untuk website yang menggunakan WooCommerce, menyediakan berbagai tool dan resource yang diperlukan untuk menangani hingga lebih dari 1.000 produk dan pesanan setiap bulannya.

Selain itu, paket khusus ini dilengkapi dengan plugin Hostinger Easy Onboarding untuk mempermudah proses setup WooCommerce tanpa perlu ribet. 

Cukup masuk ke dashboard admin WordPress Anda, buka menu Hostinger, lalu buka tab Onboarding. Kemudian, pilih Coba Sekarang pada tampilan setup toko online.

Anda akan diminta mengisi nama toko, jenis produk yang dijual, dan lokasinya. Pastikan data yang Anda masukkan benar, karena akan memengaruhi perhitungan pajak, ongkos kirim, dan pilihan payment gateway.

Kalau sudah, klik Lanjutkan dan ikuti instruksi yang ditampilkan untuk menyiapkan toko online Anda.

Untuk mulai menambahkan produk, buka menu Tambahkan produk pertama Anda, kemudian klik Tambah produk. Anda akan diarahkan ke editor halaman produk. 

Tenang, Anda tidak harus melakukan langkah-langkah ini secara berurutan, kok. WooCommerce menyediakan pengaturan dan proses orientasi yang mudah untuk membantu Anda membuat toko online tanpa perlu repot.

Manajemen produk

Di WooCommerce, Anda bisa menambahkan sebanyak mungkin produk yang diperlukan, baik produk fisik maupun digital. Plugin ini juga memiliki fungsi pemantauan barang dan akan memberi tahu Anda kalau stoknya habis.

Tambahkan produk baru ke toko Anda dengan membuka tab Product (Produk) di dashboard WordPress. Di sini, Anda bisa mengedit setiap produk, termasuk nama, deskripsi, gambar, kategori, dan tag seperti berikut:

Tips Berguna

Apabila menggunakan WooCommerce hosting dari Hostinger, Anda bisa memanfaatkan fitur AI Content Creator untuk menulis deskripsi produk. Cukup jelaskan produk Anda, pilih panjang deskripsi, atur gaya penulisannya, lalu pilih tombol Create product with AI. Setelah itu, Anda bisa mengedit kontennya lagi agar lebih sesuai preferensi.

WooCommerce juga menambahkan widget Product data (Data produk) ke editor, yang akan menjadi area utama Anda untuk mengedit produk. Anda bisa mengatur harga, perhitungan pajak, opsi pengiriman, atribut, dan banyak lagi bagi setiap item.

Setelah postingan diterbitkan, produk Anda akan muncul di bagian depan toko secara default, yaitu pada halaman Toko. WooCommerce juga membuatkan halaman untuk setiap produk secara otomatis.

tampilan contoh produk di website

Setelah produk ditayangkan dengan opsi pembayaran dan pengiriman yang Anda tentukan, pelanggan bisa mulai membelinya.

Anda juga bisa mengimpor produk dari spreadsheet kalau memiliki banyak produk untuk dijual.

Manajemen pesanan

WooCommerce memiliki fitur yang lengkap untuk membantu Anda mengelola pesanan di website toko online Anda. Buka tab WooCommerceOrders (Pesanan) untuk melihat ringkasannya.

Tab Orders mencakup pembelian yang masih diproses dan yang sudah selesai. Anda bisa mengecek tab Status untuk melihat tahap setiap pesanan dan melihat informasinya lebih lanjut.

Pada setiap pesanan, terdapat menu Order actions (Tindakan pesanan) untuk menentukan tindakan otomatis yang perlu dilakukan WooCommerce guna melanjutkan proses pemesanan.

Contohnya seperti mengirim email faktur untuk pesanan dengan pembayaran yang tertunda, mengirim ulang notifikasi pesanan, dan mengirim ulang link download untuk produk digital.

Perlu diperhatikan bahwa beberapa opsi manajemen pesanan tidak tersedia untuk pembelian oleh pengguna tamu. Misalnya, dalam hal pengiriman ulang faktur email, Anda harus memiliki data alamat pelanggan.

Jadi, secara keseluruhan, fitur manajemen pesanan ini sangat penting untuk toko online Anda. Beberapa kegunaannya termasuk membantu Anda menentukan waktu yang tepat untuk menghubungi pelanggan terkait penyelesaian penjualan, serta mengidentifikasi kebiasaan belanja dan jumlah yang sudah mereka keluarkan.

Perhitungan pajak dan ongkos kirim

Pajak merupakan bagian yang hampir selalu ada dalam kegiatan bisnis apa pun. Namun, jenis dan jumlahnya akan berbeda-beda tergantung pada wilayah operasi toko Anda. Untungnya, WooCommerce bisa membantu Anda mengelolanya.

Plugin ini menyediakan opsi untuk mengatur beberapa tarif pajak di berbagai lokasi. Anda bisa memilih untuk membebankan pajak standar atau tarif yang disesuaikan.

Perlu diperhatikan bahwa WooCommerce tidak secara otomatis menetapkan tarif pajak untuk Anda atau memberikan saran terkait caranya. Anda tetap perlu menentukannya sesuai beberapa kondisi, seperti jenis produk dan lokasi. Kalau ragu, cobalah menghubungi konsultan pajak di wilayah Anda.

Kemudian untuk pengiriman, pengaturannya juga mirip dengan pajak. Anda bisa mengatur beberapa opsi pengiriman tergantung pada lokasi setiap pembeli.

Ketika pelanggan melakukan pembelian, mereka akan melihat opsi pengiriman yang tersedia untuk wilayah mereka. Untuk setiap wilayah, Anda bisa mengonfigurasi metode pengiriman yang berbeda dan menentukan ongkosnya.

tampilan pengaturan metode pengiriman

Seperti halnya pajak, WooCommerce tidak menangani atau melakukan tracking pengiriman. Anda perlu mengaturnya secara manual atau menggunakan layanan lain. Setelah opsi pengiriman siap, gunakan WooCommerce untuk mengintegrasikannya ke toko online Anda.

Analisis dan statistik toko

Bagi pemilik toko online, penting untuk melihat laporan penjualan, pengembalian, jumlah batal checkout, serta analisis lainnya secara aktual. Data ini bisa menunjukkan kondisi dan status toko Anda saat ini, serta mengidentifikasi masalah yang harus diperbaiki.

Dengan WooCommerce, Anda bisa mengakses laporan untuk periode tertentu.

Plugin ini bisa memberikan data penjualan berdasarkan tanggal, produk, kategori, penggunaan kupon, bahkan jumlah download untuk produk digital.

Anda juga bisa mengakses informasi tentang pelanggan tertentu. Apabila mereka sudah memiliki akun di toko Anda, informasi pembeliannya akan tercantum dan bisa Anda akses.

Selain itu, laporan WooCommerce menyertakan informasi tentang stok toko Anda. Akses data ini di tab Analytics (Analisis) → Stock (Stok). Dari setiap kolom, Anda bisa melihat informasi terkait produk yang stoknya menipis, sudah tidak tersedia, dan paling banyak tersedia.

Tergantung pada konfigurasi toko yang Anda tetapkan, Anda akan mendapatkan notifikasi untuk setiap aktivitas yang terjadi. Namun, sebaiknya tetap cek laporan WooCommerce Anda secara rutin untuk terus memantau operasional toko Anda.

Pembayaran yang fleksibel

Di WooCommerce, Anda bisa mengatur metode pembayaran dengan sangat mudah. Contohnya, plugin ini sudah memiliki integrasi default dengan PayPal dan Stripe.

WooCommerce juga memiliki payment processor sendiri, WooPayments, yang menyediakan lebih dari 100 pilihan mata uang. Metode ini bahkan bisa digunakan secara langsung kalau toko Anda memiliki lokasi toko fisik.

Untuk saat ini, WooPayments sudah mendukung 38 negara, tapi Indonesia belum termasuk. Meski begitu, pelanggan tetap bisa menggunakan kartu dengan logo VISA atau MasterCard.

WooPayments cocok menjadi pilihan kalau Anda tidak ingin menggunakan ekstensi pihak ketiga untuk mengelola pembayaran. Biaya pemrosesannya juga sebanding dengan sebagian besar pesaingnya.

Untuk menggunakan metode pembayaran ini, Anda harus mendaftar akun sendiri. Anda juga bisa menggunakan ekstensi untuk mengintegrasikan payment gateway lain dengan WooCommerce.

tampilan daftar ekstensi woocommerce

Secara keseluruhan, WooCommerce menyediakan metode pembayaran yang cukup fleksibel. Oleh karena itu, plugin ini termasuk opsi yang sangat serbaguna, terutama kalau Anda menjual produk di skala internasional.

Cepat dan aman

WooCommerce adalah plugin yang aman, didukung oleh tim developer aktif sehingga Anda akan mendapatkan update dan patch keamanan secara rutin.

Dalam hal privasi, WooCommerce tidak menyimpan informasi pembayaran pelanggan karena menggunakan pemroses pembayaran eksternal. Anda bisa mengaktifkan opsi checkout tamu kalau tidak ingin memaksa pengguna mendaftar akun dan membagikan informasi pribadi mereka.

tampilan tab pengaturan akun dan privasi woocommerce

WooCommerce juga cepat dan andal sehingga tidak akan memperlambat website Anda meskipun memiliki banyak sekali fitur.

Namun, keamanan dan performa toko Anda tetap akan bergantung pada konfigurasi WordPress dan pilihan web hosting Anda. Untuk meningkatkan skala toko online dengan aman, pilihlah paket hosting yang memiliki infrastruktur dan spesifikasi keamanan yang memadai.

Misalnya, Anda mungkin memerlukan fitur proteksi DDoS, malware scanner, dan CDN (Content Delivery Network) gratis untuk memastikan website toko online Anda tetap bisa diakses dengan cepat dari mana saja.

Tidak perlu bingung mencari, karena semua fitur tersebut bisa Anda nikmati dengan paket Managed WooCommerce Hosting kami. Menggunakan layanan kami, toko online Anda pun siap melayani pembeli dari berbagai wilayah di dunia.

Tampilan yang mudah dipahami

Platform yang optimal harus tetap mudah digunakan meskipun fitur-fiturnya sangat beragam. Sudah banyak sekali aspek yang harus ditangani untuk membuat website toko online yang bagus, jadi pengguna pasti tidak mau repot lagi dengan pengaturan yang rumit.

Untungnya, WooCommerce memiliki tampilan yang user-friendly. Plugin ini terintegrasi langsung ke dashboard WordPress sehingga tetap mudah dikelola dan dikonfigurasi meskipun ada banyak pengaturannya.

tampilan pengaturan tab general woocommerce

WooCommerce juga menyertakan keterangan pada sebagian besar opsinya. Jadi, kalau Anda bingung dengan fungsi fitur tertentu, cukup arahkan kursor ke ikon tanda tanya untuk melihat penjelasannya.

tampilan fitur tooltip woocommerce

Walaupun Anda mungkin perlu beberapa saat untuk mempelajari semua yang ada di WooCommerce, setidaknya Anda tidak perlu pusing dengan tampilannya. Baik masih pemula maupun sudah profesional, Anda pasti bisa mempelajarinya dengan cepat.

SEO-friendly

Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari. Dengan cara ini, Anda bisa meningkatkan traffic organik website, yang akhirnya akan mendorong angka penjualan.

Anda bisa menerapkan teknik SEO secara manual, menggunakan software dan tool canggih, atau mengombinasikan keduanya.

Nah, WooCommerce adalah plugin yang secara default sudah SEO-friendly. Tersedia fitur untuk membantu website Anda lebih mudah ditemukan melalui mesin pencari, tanpa mengharuskan Anda menguasai teknik SEO tingkat lanjut.

Misalnya, tersedia fitur editor produk untuk mengatur judul dan meta tag bagi setiap produk jualan Anda.

Apabila memerlukan fitur-fitur SEO tambahan, Anda juga bisa menginstal plugin SEO populer yang kompatibel dengan WooCommerce, termasuk plugin freemium seperti Yoast SEO dan AIOSEO.

Dengan plugin SEO, Anda bisa mengoptimalkan produk untuk kata kunci tertentu. Hasilnya, produk Anda pun berpeluang untuk muncul di halaman hasil mesin pencari.

tampilan widget yoast seo wordpress

Penting untuk diingat bahwa meskipun WooCommerce adalah plugin yang SEO-friendly, tidak ada jaminan produk Anda akan langsung mendapat peringkat yang baik. Hal ini juga bergantung pada produk jualan Anda, apa yang dicari calon pembeli, dan seberapa baik Anda mengoptimasi halaman produk.

Selain itu, karena kecepatan loading halaman memengaruhi skor Core Web Vitals Google, Anda perlu memperhatikan performa website agar strategi SEO Anda berhasil.

Untungnya, WooCommerce cepat dan bisa diandalkan. Jadi, asalkan Anda mengikuti strategi yang baik dan memilih web hosting yang tepat, plugin ini akan mendukung strategi SEO Anda.

Apa saja biaya untuk menggunakan WooCommerce?

Apabila baru mulai merintis usaha, Anda mungkin belum memiliki cukup budget untuk memaksimalkan toko online Anda. Jangan khawatir, karena kami akan membahas biaya yang dibutuhkan untuk membuat toko online dengan WooCommerce.

Harga plugin WooCommerce

WooCommerce adalah plugin yang sepenuhnya gratis. Anda bisa menginstalnya di website WordPress mana pun, lalu menggunakannya untuk membuat toko dan mulai berjualan tanpa biaya sepeser pun kecuali untuk hosting dan nama domain.

Biaya WooCommerce lainnya

Meskipun WooCommerce gratis, tetap ada biaya yang mungkin harus Anda keluarkan untuk membuat toko online, termasuk:

  • Biaya hosting dan domain. Biaya ini bergantung pada jenis paket hosting dan provider yang Anda pilih, yang biasanya dibebankan secara bulanan atau tahunan. Anda juga harus mendapatkan nama domain dan memperpanjangnya setiap tahun.
  • Sertifikat SSL. Meskipun ada sertifikat SSL gratis, beberapa pemilik toko lebih memilih opsi premium. Sebab, sertifikat SSL premium menyediakan teknik validasi yang lebih ketat, seperti domain validation (DV), organization validation (OV), dan extended validation (EV). Namun, opsi ini bisa menghabiskan biaya ratusan dolar per tahun dan perlu diperpanjang.
  • Plugin dan ekstensi premium. Banyak plugin dan ekstensi WordPress premium yang bisa diintegrasikan dengan WooCommerce untuk meningkatkan fungsionalitas toko online. Kalau punya budget lebih, fitur-fitur premium bisa sangat berguna, misalnya untuk memperluas jangkauan toko. Biasanya Anda perlu membayar lisensi tahunan untuk menggunakan fitur ini.
  • Tema premium. Tema berbayar juga sebenarnya tidak wajib. Namun, kalau ada yang sangat cocok dengan brand Anda, opsi ini bisa dipertimbangkan, apalagi kalau Anda menginginkan tema kustom yang mengharuskan Anda menyewa jasa developer.
  • Biaya maintenance dan update. Kalau website toko online Anda tidak dikelola sendiri, Anda mungkin memerlukan layanan maintenance website. Biaya ini bisa menjadi yang paling mahal bagi toko WooCommerce. Biaya maintenance website WordPress berkisar antara ratusan ribu hingga puluhan juta per bulan, tergantung pada skala proyek Anda.

Untungnya, ada beberapa cara untuk meminimalkan biaya-biaya ini. Seperti yang tadi dijelaskan, pilihan web hosting Anda akan mengaruhi banyak hal, termasuk total biaya yang dibutuhkan untuk mengonlinekan website.

Di Hostinger, kami menawarkan paket Managed WooCommerce Hosting dengan harga mulai dari Rp42900.00/bulan. Terlebih lagi, semua paket sudah menyertakan sertifikat SSL gratis, domain, template siap pakai, dan fitur khusus WooCommerce.

Managed hosting juga berarti Anda tidak perlu menggunakan jasa developer untuk mengelola website. Tim kami akan membantu Anda sehingga Anda bisa lebih fokus terhadap aspek bisnis lainnya.

Jadi, dengan memilih paket khusus WooCommerce kami di Hostinger, Anda bisa menghemat biaya untuk membuat toko online, sekaligus mendapatkan fitur-fitur yang diperlukan untuk mengoptimalkannya.

Saran Bacaan

Perlu bantuan untuk memperkirakan biaya pembuatan website? Baca artikel kami tentang estimasi biaya membuat website WordPress yuk!

Produk apa yang bisa dijual dengan WooCommerce?

WooCommerce bisa digunakan untuk menjual produk digital maupun fisik. Plugin ini memiliki fitur untuk mengaktifkan download file, serta pengiriman untuk barang fisik.

Kategori produk lain juga didukung, seperti produk variabel dan eksternal. Produk variabel menyediakan pilihan untuk menjual produk dalam berbagai warna atau bahan. Sementara itu, produk eksternal memungkinkan Anda menautkan produk ke website lain.

tampilan daftar jenis produk woocommerce

Singkatnya, Anda bisa menggunakan WooCommerce untuk menjual hampir semua jenis produk dan membuat toko online apa pun, mulai dari butik baju hingga website fotografi.

Anda juga bisa menambahkan fungsi lain yang mendukung toko online Anda menggunakan ekstensi WooCommerce, seperti membuat website membership dengan Woo Subscriptions.

Kesimpulan

WooCommerce adalah plugin WordPress canggih yang bisa mengubah website Anda menjadi toko online dengan fitur-fitur penjualan yang lengkap.

Dengan WooCommerce, Anda bisa menjual produk fisik dan digital dalam bentuk apa pun. Anda bahkan bisa mengintegrasikannya dengan tool premium untuk menjual layanan seperti langganan. Selain itu, WooCommerce juga mudah digunakan dan disesuaikan.

Tanya jawab (FAQ) apa itu WooCommerce

Apabila Anda memiliki pertanyaan yang belum terjawab tentang WooCommerce, kami akan membahasnya di bagian ini, atau Anda bisa menyampaikannya lewat kolom komentar.

WooCommerce digunakan untuk apa?

Anda bisa menggunakan WooCommerce untuk mengubah website WordPress Anda menjadi toko online. Plugin ini menambahkan semua fitur yang Anda perlukan untuk berjualan secara online, termasuk menambahkan produk, menerima pembayaran, dan mengatur opsi pengiriman.

Apakah WooCommerce gratis?

Ya, WooCommerce adalah plugin yang tersedia gratis. Apabila Anda membutuhkan fitur atau desain yang tidak disertakan secara default, Anda bisa menginstal ekstensi atau tema gratis maupun berbayar.

Apa perbedaan WordPress dan WooCommerce?

WordPress adalah CMS yang bisa Anda gunakan untuk membuat hampir semua jenis website. Namun, CMS ini tidak secara default menyertakan fitur-fitur toko online. WooCommerce adalah plugin yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan fitur toko online ke WordPress sehingga Anda bisa menjual produk di website.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami. Kenali Ninda lebih dekat di LinkedIn.