34 Digital Marketing Tools Terbaik untuk Bisnis & Agensi 2024

Memiliki banyak klien memang bagus, karena berarti bisnis Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan. Namun, alur kerja Anda bisa menjadi tidak efisien tanpa marketing tools yang tepat. Misalnya, komunikasi bisa terhambat, atau berbagi file menjadi kurang efektif.

Oleh karena itu, Anda perlu memilih resource yang tepat agar bisa berkolaborasi secara lebih efektif dengan tim maupun klien. Misalnya, Anda bisa menggunakan digital marketing tools untuk meningkatkan campaign, tool affiliate marketing untuk meningkatkan penjualan, serta platform penjadwalan untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

Nah, di artikel ini, kami akan membagikan rekomendasi aplikasi digital marketing dan tools terbaik untuk bisnis dan agensi. Simak daftarnya di bawah ini yuk!

Digital Marketing Tools Terbaik untuk Agensi

Aplikasi digital marketing merupakan salah satu aset paling berharga untuk agensi. Tool ini bisa membantu Anda mendapatkan calon klien, mengelola hubungan pelanggan, melihat progres campaign, dan menilai metrik agensi marketing Anda.

Berikut adalah 5 aplikasi dan digital marketing tools terbaik yang bisa Anda pilih:

1. Hubspot

homepage website Hubspot

Sistem CRM (manajemen hubungan pelanggan) seperti HubSpot bisa membantu Anda melacak keterlibatan pelanggan dengan mudah. Anda akan mendapatkan dashboard kustom untuk melihat ringkasan aktivitas penjualan, menyimpan data klien, dan memantau interaksi pelanggan.

Kerennya lagi, dashboard HubSpot bisa diatur sesuai prioritas Anda. Misalnya, Anda bisa mengatur data sesuai jadwal meeting, kesepakatan yang dicapai, atau performa kuota.

Fitur Utama

  • Pelacakan email dan notifikasi keterlibatan
  • Live chat
  • Manajemen persetujuan kontrak dan tugas

Harga

HubSpot tersedia gratis sebagai plugin WordPress. Fitur-fiturnya mencakup user tak terbatas, data, dan 1 juta kontak tanpa tanggal berakhir. Atau, Anda bisa upgrade ke paket Starter seharga $45/bulan (sekitar Rp705.000).

2. Google Analytics

homepage google analytics

Google Analytics adalah tool analitik dan marketing yang berguna untuk agensi yang mengelola website klien. Gunakan platform ini untuk lebih memahami basis pelanggan klien bisnis digital marketing Anda.

Misalnya, Anda bisa mengidentifikasi bagian-bagian website yang paling berkaitan dengan pengunjung, seperti pesan yang disampaikan, gambar dan visual, atau CTA (ajakan bertindak).

Selain itu, Anda bisa menambahkan Google Analytics ke website untuk memantau berbagai data, termasuk pengguna baru, sumber traffic, atau pembelian sebelumnya.

Google Analytics juga tidak hanya menyediakan fitur analitik terbaik. Anda bisa menggunakannya untuk menetapkan target tertentu, misalnya dalam hal konversi, untuk mengetahui apakah ada kemajuan dalam pencapaian Anda.

Fitur Utama

  • Laporan individu seperti monetisasi, akuisisi, dan keterlibatan
  • Eksplorasi pengguna dan eksplorasi kohort untuk memahami perilaku pelanggan
  • Dukungan untuk library JavaScript, SDK aplikasi seluler, dan sistem pihak ketiga yang terhubung internet

Harga

Google Analytics tersedia gratis untuk digunakan.

3. Woorise

Woorise

Woorise adalah platform perolehan prospek dan digital marketing tools all-in-one yang memungkinkan Anda membuat berbagai campaign interaktif, seperti landing page, formulir, survei, kuis, giveaway & kontes viral, menerima pembayaran, dan banyak lagi.

Dengan tool ini, Anda bisa melakukan berbagai tugas hanya dari satu platform. Fitur-fiturnya mencakup pembuat landing page dan formulir, 40+ jenis kolom dan ribuan tindakan sosial, 100+ template interaktif, logika kondisional, notifikasi email real-time, dukungan multibahasa, dan analitik bawaan.

Woorise juga terintegrasi dengan tool marketing populer seperti Mailchimp, Hubspot, ActiveCampaign, Facebook, Google Analytics, Bitly, Zapier, PayPal, Stripe dan banyak lagi. Anda pun bisa secara otomatis mengelola calon pelanggan baru melalui tool yang sudah digunakan.

Fitur utama

  • 100+ template landing page yang mudah disesuaikan
  • Pengiriman notifikasi email yang dipersonalisasi
  • Dukungan multibahasa

Harga

Woorise menyediakan paket gratis selamanya dan uji coba gratis selama 14 hari. Paket premium dengan fitur yang lebih canggih dimulai dari $29/bulan (sekitar Rp460.000).

4. MobileMonkey

homepage MobileMonkey

MobileMonkey adalah chatbot online dan aplikasi bisnis yang menyediakan fitur marketing, penjualan, dan dukungan pelanggan. Tool ini bisa membantu Anda memperoleh lebih banyak calon pelanggan, serta menjaga hubungan dengan mereka.

Salah satu fitur terbaiknya adalah Anda bisa menjangkau calon pelanggan dengan berbagai cara. Misalnya, pengunjung bisa menjadwalkan meeting, mendownload materi digital, mendaftarkan peserta untuk acara, dan lainnya.

Anda juga akan mendapatkan ruang khusus untuk menerapkan live chat di website serta mengirim pesan SMS, Facebook, dan Instagram.

Fitur Utama

  • Integrasi dengan channel top-of-the-funnel seperti konten blog, SEO, media sosial, dan landing page
  • Lebih dari 100 juta influencer dan pengambil keputusan B2C
  • Tool perpesanan Instagram dan Facebook

Harga

Paket ditawarkan mulai dari $119/bulan (sekitar Rp1,87 juta).

5. Jotform

Jotform

Jotform adalah tool pembuat formulir online yang bisa membantu Anda memperoleh calon pelanggan. Anda juga bisa menggunakan aplikasi marketing ini untuk mendapatkan tanggapan dari klien. Anda akan mendapatkan akses ke 10.000 template formulir, yang semuanya bisa disesuaikan, termasuk formulir pesanan produk dan pendaftaran kursus.

Jotform menawarkan banyak fitur unik, termasuk editor PDF, formulir untuk perangkat seluler, dan tanda tangan digital. Anda juga bisa menerima pembayaran langsung melalui formulir tersebut untuk penjualan produk atau pengumpulan dana.

Fitur Utama

  • Report Builder untuk mengubah respons formulir menjadi laporan yang didesain dengan baik
  • Penugasan formulir kepada anggota tim tertentu untuk mengelola pengiriman secara lebih efisien
  • Jotform Enterprise memungkinkan white-labeling formulir

Harga

Mulai gratis dengan 5 formulir dan 100 pengiriman per bulan. Atau, upgrade dengan biaya mulai dari $39/bulan (sekitar Rp610.000).

6. GetResponse

GetResponse

Salah satu digital marketing tools terpenting untuk bisnis adalah aplikasi email marketing, seperti GetResponse, yang membantu menjaga hubungan dengan pelanggan. Anda bisa membuat newsletter tanpa harus menggunakan plugin newsletter sendiri, membuat antrean email otomatis, dan membagikan postingan blog secara otomatis melalui email atau media sosial.

Kelebihan platform ini adalah pembuat email drag-and-drop yang praktis dan intuitif. Atau, Anda bisa memilih template profesional siap pakai dan mengelola library template untuk penggunaan lagi di masa mendatang.

Anda juga bisa membangun segmen kustom, melakukan A/B split test pada subjek email dan CTA, serta menggunakan tool Perfect Timing untuk mengirim email sesuai preferensi pengguna.

Fitur Utama

  • 2 juta gambar Shutterstock dan ribuan GIF
  • Email transaksional dengan trigger SMTP untuk mengirim tanda terima dan pengingat
  • Tool Perfect Timing dan Time Travel

Harga

GetResponse tersedia gratis hingga untuk 500 kontak, atau Anda bisa upgrade paket dengan harga mulai dari $13,30/bulan (sekitar Rp210.000).

Aplikasi Terbaik untuk Agensi Media Sosial

Salah satu cara termudah untuk mempromosikan website adalah dengan lebih aktif di media sosial, yang akan membantu mengarahkan traffic organik.

Nah, aplikasi yang kami bahas di bagian ini akan membantu menarik perhatian calon pengunjung, melibatkan audiens, dan mempromosikan brand Anda secara lebih efektif. Selain itu, Anda bisa menggunakannya untuk website klien.

1. Canva

canva

Canva memudahkan siapa pun untuk membuat desain profesional dan membagikannya di media sosial. Anda bisa mengakses ribuan template siap pakai untuk membangun brand sendiri, seperti postingan media sosial, presentasi, flyer, kartu bisnis, logo, dan lainnya.

Dengan Canva Teams, Anda bisa mengedit aset dan mengakses berbagai tool premium untuk bekerja. Misanya, Anda bisa mendapatkan umpan balik dan persetujuan, serta mengelola desain secara kolaboratif.

Selain itu, Canva memiliki banyak tool lainnya, seperti tool untuk meningkatkan kualitas gambar dan pemotong video. Anda juga bisa menggunakannya sebagai tool wireframing untuk menguji UI dan UX.

Fitur Utama

  • Pengubahan ukuran sekali klik untuk format apa pun, mulai dari TikTok dan YouTube hingga LinkedIn dan Facebook
  • Tool pengelolaan tim untuk menetapkan peran dan mengatur akses ke aset brand
  • Brand kit untuk mengupload logo, warna brand, dan font

Harga

Anda bisa mulai menggunakan Canva secara gratis, atau membeli paket Pro dengan harga mulai dari Rp95.000/bulan.

2. Social Status

website Social Status

Social Status adalah tool analitik dan pelaporan media sosial yang memungkinkan Anda mengelola analitik multi-channel untuk klien. Anda bisa memantau semua data media sosial di satu tempat, mengawasi strategi sosial kompetitor, dan menggabungkan laporan campaign influencer.

Fitur Ads Analytics tool ini mendukung semua target iklan serta menyediakan opsi segmen dan pemfilteran yang canggih. Di samping itu, Anda bisa memberi white-label pada laporan dan memilih format favorit, dari CSV dan PDF hingga PowerPoint atau Google Slides.

Fitur Utama

  • Detail informasi media sosial full-funnel, termasuk impression (kesan), view (tampilan), klik, dan interaksi
  • Inbox Facebook dan analitik Instagram story
  • Pemantauan kompetitor multi-channel

Harga

Tersedia paket gratis dasar yang mencakup 3 pengguna. Atau, Anda bisa upgrade ke paket berbayar mulai dari $29/bulan (sekitar Rp460.000).

3. Buffer

homepage Buffer

Buffer membantu Anda menjangkau lebih banyak audiens media sosial dengan cepat dan terjangkau. Anda bisa merencanakan dan memublikasikan konten di berbagai channel, termasuk Facebook, TikTok, dan Shopify. Tersedia juga fitur kalender untuk melihat semua postingan mendatang.

Selain itu, Anda bisa membuat Start Page (Halaman Mulai) yang memungkinkan semua konten terbaik Anda diakses dari satu tempat. Tool ini juga membantu meningkatkan produktivitas bisnis, karena Anda bisa menetapkan izin dan alur persetujuan. Anda pun bisa berkolaborasi dengan anggota tim dan klien dengan mudah.

Fitur Utama

  • Template Start Page siap pakai untuk bisnis, pernikahan, atau website fotografi
  • Pengelolaan cerita, postingan individu, dan hashtag
  • Fitur Shop Grid untuk mengarahkan traffic dan penjualan ke toko Anda dari bio Instagram.

Harga

Anda bisa mulai menggunakan Buffer secara gratis, atau upgrade paket seharga $5/bulan per channel (sekitar Rp78.000).

4. Hootsuite

Hootsuite

Hootsuite adalah tool digital marketing dan media sosial yang ideal untuk bisnis dan agensi. Dari satu dashboard, Anda bisa merencanakan dan menjadwalkan postingan di berbagai jejaring sosial, seperti Twitter, Instagram, dan Facebook.

Salah satu fitur terbaik Hootsuite adalah kemudahan penggunaannya, memungkinkan siapa pun menggunakan platform ini meskipun belum memahami seluk beluk media sosial. Selain itu, Anda bisa mengakses analitik performa postingan untuk membantu meningkatkan keterlibatan konten.

Fitur Utama

  • Lihat dan kelola inbox pesan, komentar, dan pertanyaan
  • Hemat waktu dengan library konten, aplikasi edit foto dan gambar, serta publikasi video yang mudah
  • Integrasikan Hootsuite dengan tool sosial lainnya seperti Canva dan Abode

Harga

Hootsuite tersedia gratis untuk satu pengguna. Untuk tim kecil, Anda bisa upgrade seharga $249/bulan (sekitar Rp3,9 juta).

5. Promo

homepage Promo

Video marketing kini menjadi salah satu cara paling efektif untuk menarik perhatian audiens. Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkan Promo sebagai salah satu marketing tools terbaik guna membuat video pendek untuk halaman sosial dan campaign iklan klien.

Tool video maker ini mempermudah pengeditan dan pemangkasan video. Plus, Anda bisa memilih lagu latar yang menarik dan menggunakan overlay teks yang mulus. Kerennya lagi, tersedia ribuan template video siap pakai yang mudah disesuaikan dengan warna brand, logo, dan font HTML klien Anda.

Fitur Utama

  • Template video untuk berbagai industri, format, atau tujuan media sosial
  • Tool pengeditan foto seperti kolase dan thumbnail YouTube
  • Resource video tambahan, seperti editor MP4, tool kompresi video, dan pemotong video online

Harga

Paket tersedia mulai dari $18/bulan (sekitar Rp290.000). Opsi agensi, termasuk white-label, dimulai dari $136/bulan (sekitar Rp2,2 juta).

Project Management Tools Terbaik untuk Bisnis dan Agensi

Aplikasi project management adalah hal yang wajib dimiliki oleh bisnis dan agensi. Tool ini memudahkan Anda mengelola tugas, berbagi file, serta berkomunikasi dengan rekan kerja dan klien secara efisien. Berikut rekomendasi terbaik dari kami.

1. Trello

Trello sebagai aplikasi manajemen proyek terbaik

Trello adalah software pengelolaan tugas yang user-friendly, memungkinkan Anda membuat board dan kartu visual untuk mengelola proyek. Setiap kartu mewakili satu tugas, yang bisa dipindahkan antarkolom, menunjukkan apakah tugas tersebut sudah dimulai atau selesai.

Selain itu, Anda bisa menambahkan informasi berguna ke kartu tersebut, seperti lampiran, percakapan, dan tanggal jatuh tempo. Anda juga bisa memanfaatkan fitur-fitur canggih, seperti pengiriman pengingat deadline kepada anggota tim.

Fitur Utama

  • Library template, termasuk panduan karyawan, jadwal meeting mingguan, dan checklist sistem desain
  • Aturan, tombol, dan perintah untuk mengotomatiskan tugas
  • Fitur tambahan, seperti hitungan mundur untuk penyelesaian tugas penting

Harga

Trello tersedia gratis untuk 10 board per workspace dan 250 perintah workspace. Selebihnya, Anda bisa upgrade paket mulai dari $5/bulan per pengguna (sekitar Rp78.000).

2. Dropbox

Dropbox adalah tool manajemen file yang populer berkat proses penyimpanannya yang mudah. File disimpan dengan aman di cloud, dan Anda bisa membagikannya dengan siapa saja, bahkan orang yang tidak memiliki Dropbox.

Tool ini membantu mempermudah kolaborasi karena Anda bisa membuat folder tim bersama dengan izin folder khusus. Selain itu, anggota bisa mengerjakan proyek kapan pun dengan fitur akses jarak jauh yang tersedia.

Fitur Utama

  • Sinkronisasi file cloud tersedia di berbagai perangkat dan platform seperti iPhone, Android, iOS dan Windows
  • Menerima file gambar, video, file CAD, dan presentasi PowerPoint
  • DocSend sebagai ruang data virtual untuk mengirim dan melacak beberapa dokumen dengan satu link.

Harga

Paket dasar tersedia gratis, atau Anda bisa upgrade paket mulai dari $9,99/bulan (sekitar Rp160.000).

3. Slack

homepage slack

Slack adalah salah satu tool kolaborasi online terbaik untuk mengirim dan menerima pesan instan. Dengannya, Anda bisa berkomunikasi untuk bertanya, mengonfirmasi detail, atau mendapatkan persetujuan tugas. Bisnis juga bisa menggunakan Slack untuk terhubung dengan klien dan anggota tim.

Misalnya, Anda bisa membuat obrolan grup untuk komunikasi terkait proyek tertentu dan menyiapkan “channel” untuk seluruh tim. Anda juga bisa menggunakan panggilan video dan suara dengan integrasi Zoom dan Microsoft Teams.

Fitur Utama

  • Automasi tindakan rutin dan komunikasi dengan Workflow Builder
  • Kontrol data penuh menggunakan kunci enkripsi perusahaan
  • Buat klip audio, video, dan rekaman layar pendek

Harga

Anda bisa menggunakan Slack secara gratis atau upgrade paket untuk tim kecil seharga $7,25/bulan per pengguna (sekitar Rp115.000).

4. Zoom

Zoom

Zoom adalah tool video conference populer yang memungkinkan Anda terhubung secara virtual dengan klien dan anggota tim. Anda bisa menggunakan fitur berbagi layar untuk bisnis, misalnya untuk mengadakan tutorial, demo produk, atau melakukan tugas interaktif lainnya.

Selain itu, Zoom menyediakan fitur privasi yang baik dengan latar belakang virtual serta bisa merekam meeting untuk anggota yang tidak hadir. Kemudian, Anda juga bisa membagi meeting menjadi kelompok kecil menggunakan breakout room yang mudah disesuaikan.

Fitur Utama

  • Ubah obrolan empat mata menjadi meeting seluruh grup dengan mudah
  • Rekam pertemuan secara lokal atau ke cloud dengan transkrip yang bisa dicari
  • Gunakan papan tulis bersama anggota tim dari desktop Anda

Harga

Anda bisa menggunakan Zoom secara gratis, atau upgrade ke paket Pro dengan harga mulai dari $14,99/bulan (sekitar Rp150.000).

5. Zapier

zapier

Zapier adalah aplikasi bisnis yang tepat apabila Anda bekerja menggunakan banyak platform dan ingin menghubungkannya satu sama lain. Dengannya, Anda bisa mengotomatiskan alur kerja untuk meningkatkan produktivitas tim.

Anda bisa menyinkronkan beberapa platform dengan mudah, lalu bertukar informasi di antaranya untuk menyempurnakan alur kerja. Selain itu, Anda bisa mengatur pemicu dan memulai serangkaian tindakan antara lebih dari 5.000 aplikasi dan hingga 100 langkah.

Sebagai contoh, Anda bisa mengirimkan pesan pribadi kepada calon pelanggan baru atau membagikan konten di media sosial.

Fitur Utama

  • Satu zap bisa memiliki hingga 100 tindakan.
  • Jadwalkan zap, tunda langkah-langkah tindakan, dan hanya jalankan zap ketika kondisi terpenuhi
  • Gunakan platform developer untuk membuat koneksi kustom ke aplikasi web apa pun dengan API

Harga

Anda bisa mendapatkan Zapier secara gratis untuk kebutuhan automasi dasar. Upgrade paket dengan harga mulai dari $19,99/bulan (sekitar Rp315.000) untuk menikmati fitur yang lebih canggih.

6. Scoro

homepage scoro

Scoro adalah aplikasi manajemen yang bisa membantu mempermudah operasional bisnis sehari-hari. Anda bisa menyimpan semua pekerjaan di satu tempat untuk memantau proyek, penjualan, dan aktivitas lainnya dengan mudah.

Atur waktu Anda dengan tracker waktu bawaan, lihat informasi terbaru tentang keterlambatan atau perubahan waktu, serta bagikan kalender grup dan timesheet. Scoro juga memungkinkan Anda mengotomatiskan tagihan serta melacak waktu yang dihabiskan dan dikenakan tagihan.

Fitur Utama

  • Tinjau kapasitas saat ini dan mendatang untuk memastikan semua anggota tim ditugaskan dengan benar
  • Pantau progres, dependensi, dan acara secara real-time
  • Bandingkan budget, pertahankan margin sesuai target, serta lihat pendapatan dan pengeluaran Anda

Harga

Paket Scoro tersedia mulai dari $26/bulan per pengguna (sekitar Rp410.000).

Tool SEO Terbaik untuk Bisnis dan Agensi

Tool Optimasi Mesin Pencari (SEO) membantu meningkatkan visibilitas website klien dan bisnis Anda di halaman hasil mesin pencari. Dengan strategi SEO yang efektif, peringkat website pun akan naik, yang pada akhirnya mendorong lebih banyak traffic organik.

Berikut adalah tool SEO terbaik yang direkomendasikan.

1. SEMrush

homepage SEMrush

SEMrush adalah salah satu tool SEO terbaik untuk agensi. Tool ini ideal untuk agensi yang menargetkan konten tertentu, memungkinkan Anda memantau dan memanfaatkan data SEO klien.

Di samping itu, SEMrush memiliki dashboard yang menyediakan informasi lengkap terkait kata kunci dan peringkat. Hanya dari satu area tampilan, Anda bisa memantau traffic, mengakses template konten SEO, membuat strategi link building, serta menemukan dan menerapkan kata kunci. Fitur-fitur ini menjadikan SEMrush sebagai salah satu solusi SEO serbaguna terbaik.

Fitur Utama

  • Pemantauan perubahan harian kata kunci target di lokasi Anda
  • Informasi dan wawasan untuk meningkatkan profil backlink
  • Lihat kata kunci berbayar dan copywriting iklan PPC kompetitor

Harga

SEMrush tersedia dengan harga mulai dari $99,95/bulan (sekitar Rp1,56 juta).

2. Linkody

homepage website Linkody

Linkody adalah platform yang sangat baik untuk agensi yang menyediakan jasa SEO specialist seperti pemantauan dan manajemen backlink. Anda akan menerima notifikasi saat mendapatkan atau kehilangan backlink. Linkody juga membantu Anda mengidentifikasi dan mencegah link yang buruk.

Di samping itu, Anda akan mendapatkan informasi tentang strategi link building kompetitor untuk menyempurnakan strategi Anda sendiri. Linkody juga membantu Anda mengumpulkan informasi progres SEO dengan cepat menggunakan dashboard intuitif yang bisa menghasilkan laporan PDF untuk setiap klien.

Fitur Utama

  • Pengelolaan link dan domain di satu tempat
  • Laporan lengkap tentang teks anchor backlink dan kata kunci
  • Informasi distribusi backlink dengan metrik penting, termasuk DA (Otoritas Domain), skor spam, dan IP

Harga

Harga Linkody dimulai dari $11,20/bulan (sekitar Rp175.000). Namun, untuk lebih dari satu pengguna, Anda akan memerlukan paket Pro, seharga $37,40/bulan (sekitar Rp590.000).

3. SEOptimer

website SEOptimer

SEOptimer adalah tool audit dan pelaporan SEO profesional yang ideal untuk agensi SEO atau agensi pembuatan konten. Fitur SEO Checker tool ini mampu mengidentifikasi masalah seperti kecepatan halaman, link, dan elemen on-page.

Dengan SEOptimer, Anda juga bisa membuat laporan SEO white-label dengan brand sendiri yang bisa disesuaikan lebih lanjut. Selain itu, Anda bisa mengakses tool riset kata kunci praktis, tool pelacakan kata kunci, generator meta tag, dan generator sitemap XML.

Fitur Utama

  • Formulir audit sederhana di website untuk mendapatkan lebih banyak calon klien
  • Informasi volume pencarian, estimasi traffic, dan persaingan kata kunci konten saat ini
  • API untuk mengintegrasikan proses penjualan dan sistem Anda

Harga

Paket SEOptimer dimulai dari $19/bulan (sekitar Rp300.000), tapi kalau Anda ingin mengakses fitur white-label, upgrade ke paket yang lebih tinggi seharga $29/bulan (sekitar Rp455.000).

4. Ahrefs

website ahrefs

Ahrefs adalah tool populer lainnya yang sering muncul di dunia SEO, digunakan oleh Facebook, Tripadvisor, Uber, dan eBay. Agensi bisa menggunakannya untuk audit dan optimasi website klien, melakukan analisis kompetitor, menemukan kata kunci, dan mengidentifikasi konten berperforma terbaik.

Dengan tool Rank Tracker yang disediakan, Anda bisa terus memantau peringkat pencarian klien. Kemudian dengan Content Explorer, Anda bisa riset ide konten dan mengidentifikasi peluang link untuk memaksimalkan strategi SEO klien.

Fitur Utama

  • Data Google Search Console langsung di dashboard Ahrefs
  • Crawler backlink tercepat di industri
  • Pantau lebih dari 150 juta kata kunci di 150+ negara

Harga

Anda bisa mengakses Ahrefs Lite seharga $83/bulan (sekitar Rp1,3 juta).

homepage website RocketLink

RocketLink adalah platform untuk memendekkan URL dan penargetan ulang (retargeting) link. Tool ini bisa digunakan untuk memendekkan, membranding, dan memantau URL klien Anda. RocketLink memiliki banyak fitur unik, seperti retargeting pixel, 404 redirect kustom, link yang dilindungi kata sandi, skrip kustom, dan kode QR.

Sebagai bisnis atau agensi, Anda bisa menggunakan RocketLink untuk mengurangi bounce rate, yang juga berpotensi meningkatkan konversi. Kemudian, Anda bisa menyesuaikan domain dan gambar mini, serta mempersonalisasi link agar tampak lebih menarik bagi pengguna. Dapatkan juga akses ke fitur pemendek link dengan tag UTM tambahan.

Fitur Utama

  • Buat audiens kustom berdasarkan pengguna yang mengklik link Anda
  • Campaign retargeting lintas platform
  • Gunakan overlay CTA sederhana pada konten eksternal

Harga

Paket RocketLink tersedia dengan harga mulai dari $19/bulan (sekitar Rp300.000).

6. SE Ranking 

homepage SE Ranking

SE Ranking adalah tool SEO yang menyediakan fitur lengkap, seperti riset kata kunci, pembuatan konten, hingga analisis backlink dan pelaporan klien. Dengan fitur canggih dan wawasan data yang unik, agensi Anda bisa memanfaatkan SE Ranking untuk memberikan hasil yang luar biasa bagi klien.

Tool ini membantu agensi mengelola proyek tanpa batas dalam satu dashboard yang intuitif dan praktis. Menggunakan add-on Agency Pack, Anda bisa memanfaatkan fitur white-label pada seluruh antarmukanya, dan menyertakan pelaporan otomatis tanpa batas plus widget perolehan prospek. 

Fitur Utama

  • Update peringkat harian yang akurat hingga untuk 5 lokasi per proyek
  • Fitur wawasan on-page yang didukung AI dan audit teknologi lengkap
  • Migrasi data gratis, pelatihan tim, dan seat pengguna sudah termasuk dalam paket Pro dan Bisnis 

Harga

Harga SE Ranking dimulai dari $39,20/bulan (sekitar Rp615.000). Paket Pro, yang cocok untuk agensi kecil, menyertakan tool SEO lengkap dan 3 seat pengguna seharga $87,20/bulan (sekitar Rp1,36 juta).

Tool Website Terbaik untuk Agensi dan Bisnis

Setiap agensi membutuhkan tool website canggih untuk membuat dan mengelola website dengan mudah. Platform ini bisa dimanfaatkan untuk website Anda sendiri maupun website klien. Berikut adalah tool bisnis rekomendasi kami untuk membangun website keren yang fungsional.

1. Cloud Hosting

cloud hosting dari hostinger

Agensi Anda dan website klien Anda membutuhkan provider hosting berkualitas untuk memublikasikan kontennya secara online. Nah, dalam hal ini, cloud hosting bisa menjadi solusi yang canggih dan mudah untuk membuat website serta meningkatkan performa online Anda.

Tips Berguna

Ingin mengonlinekan ide Anda menjadi website keren yang berfungsi sepenuhnya? Yuk baca panduan langkah demi langkahnya di artikel kami tentang cara membuat website dari nol untuk pemula dan profesional!

Di Hostinger, kami menawarkan managed cloud hosting yang menawarkan kecepatan dan kemudahan penyesuaian dalam layanan hosting terkelola. Anda juga akan mendapatkan nama domain gratis, sertifikat SSL unlimited, backup harian otomatis, dan akses CDN (jaringan pengiriman konten).

Fitur Utama

  • Dukungan ahli tersedia 24/7
  • Kontrol resource server menggunakan control panel kustom
  • Pengaturan instan

Harga

Paket Hostinger tersedia dengan harga mulai dari Rp128900.00/bulan.

2. Unbounce

homepage Unbounce

Unbounce adalah tool pembuatan landing page yang bisa dimanfaatkan untuk campaign dan website klien Anda. Dengan Unbounce, Anda bisa membuat landing page kustom yang keren tanpa harus memiliki skill teknis tingkat lanjut. Tool ini juga menyertakan fitur optimisasi, seperti A/B split testing, pelaporan bawaan, dan tool manajemen.

Untuk agensi, Anda bisa menambahkan kolaborator dengan izin pengguna khusus. Anda juga bisa menggunakan Unbounce untuk mengirimkan notifikasi prospek ke klien dan mengizinkan mereka melihat progres proyek menggunakan pratinjau desain.

Fitur Utama

  • Classic builder dan Smart builder (builder yang didukung AI dengan rekomendasi berdasarkan data)
  • JavaScript dan CSS untuk menyesuaikan halaman lebih lanjut
  • Fungsionalitas kustom dari platform seperti PayPal, Stripe, dan Shopify

Harga

Paket Unbounce ditawarkan dengan harga mulai dari $90/bulan (sekitar Rp1,41 juta).

3. DataFeedWatch

homepage website DataFeedWatch

Dengan DataFeedWatch, Anda dan anggota tim bisa mengelola performa produk di berbagai channel. Fitur-fiturnya menjadikan tool ini sebagai solusi yang ideal untuk agensi yang memiliki banyak klien e-Commerce.

DataFeedWatch memungkinkan Anda membuat, mengelola, dan mengoptimalkan feed di seluruh portofolio. Misalnya, Anda bisa menyempurnakan judul produk dan mengelompokkan item menggunakan label kustom.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan Ultimate Feeds untuk mengonfigurasi aturan feed universal yang bisa berfungsi dengan channel apa pun.

Fitur Utama

  • Iklan teks berbasis feed otomatis yang memanfaatkan kata kunci unik
  • A/B split test untuk mendapatkan wawasan audiens
  • Feed yang mudah disesuaikan untuk iklan belanja, media sosial, dan marketplace

Harga

Paket Agency DataFeedWatch ditawarkan mulai dari $166/bulan (sekitar Rp2,59 juta) dan mencakup update harian, toko tanpa batas, dukungan, onboarding tanpa batas, dan pengelola akun.

4. WooRank

website WooRank

Sebagai salah satu tool optimasi website terbaik, WooRank telah menganalisis 50 juta website dan digunakan oleh 250.000 pengguna per bulan. Tool ini mampu melakukan analisis langsung untuk membantu Anda meningkatkan website dengan data SEO yang bisa ditindaklanjuti.

Beberapa fitur terbaik WooRank adalah audit teknis website, analisis kompetitor, pemantauan kata kunci, ulasan website instan, dan white-labeling. Anda bahkan bisa menilai dan memantau Core Web Vitals Anda, yang sering kali diabaikan.

Fitur Utama

  • Ekspor data kata kunci sebagai CSV untuk pelaporan kembali kepada klien
  • Penjadwalan web crawl otomatis
  • Integrasi dengan Zapier untuk meningkatkan manajemen hubungan pelanggan, memperluas jangkauan, dan automasi perolehan calon pelanggan

Harga

Paket Pro digital marketing tools ini tersedia dengan harga mulai dari $53,25/bulan (sekitar Rp831.000).

5. Beaver Builder

website Beaver Builder

Beaver Builder adalah tool page builder yang membantu Anda mendesain konten dan landing page website dengan cepat dan mudah. Tool ini populer di kalangan agensi karena mudah digunakan oleh pengguna dengan segala tingkat keahlian berkat editor visual drag-and-drop yang intuitif.

Anda bisa memilih berbagai modul, seperti gambar, teks, dan tombol. Kemudian, Anda juga bisa mengakses tata letak siap pakai untuk halaman Kontak, halaman Tentang Kami, atau postingan blog.

Tersedia juga banyak add-on lainnya, seperti Beaver Themer, yang memungkinkan Anda membuat halaman arsip, halaman 404, serta header dan footer kustom.

Fitur Utama

  • Pengaturan global untuk mempercepat alur kerja
  • Kompatibel dengan berbagai tema seperti Astra dan Genesis
  • Integrasi dengan plugin berguna lainnya, seperti Gravity Forms, Mailchimp, dan TranslatePress

Harga

Anda bisa menggunakan Beaver Builder sebagai plugin gratis di WordPress. Atau, Anda bisa membeli paket yang tersedia seharga $99/tahun (sekitar Rp1,55 juta).

Aplikasi Penjadwalan Terbaik untuk Agensi dan Bisnis

Bagi agensi, tool penjadwalan akan mempermudah dan mempercepat persiapan meeting serta janji temu. Dengannya, Anda tidak perlu lagi bolak-balik mengirim email yang bisa memperlambat alur kerja. Berikut adalah beberapa aplikasi penjadwalan terbaik yang direkomendasikan.

1. Calendly

homepage Calendly

Calendly menyediakan cara yang mudah untuk menjadwalkan meeting dan janji temu dengan klien. Cukup tambahkan ketersediaan Anda ke website, lalu pelanggan pun bisa dengan mudah menjadwalkan sesi meeting bersama Anda. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan pengingat email.

Fitur unik dari tool ini adalah Anda bisa mengatur kriteria tertentu untuk mengizinkan orang-orang menjadwalkan janji temu. Anda bahkan bisa membuat polling bagi anggota tim untuk menentukan waktu meeting yang lebih sesuai dengan preferensi rekan kerja atau klien.

Fitur Utama

  • Integrasi dengan Google, Outlook, dan iCloud untuk sinkronisasi otomatis dan mencatat janji yang sudah dibuat
  • Arahkan pengunjung website ke anggota tim tertentu
  • Managed Events memungkinkan Anda menetapkan dan mengunci detail acara seperti deskripsi pertemuan, pertanyaan undangan, dan notifikasi

Harga

Paket dasar Calendly tersedia gratis, atau Anda bisa menikmati fitur yang lebih canggih seharga $8/bulan (sekitar Rp125.000).

2. Sidekick

homepage Sidekick

Sidekick adalah aplikasi digital marketing yang ideal untuk agensi yang sering mengadakan meeting fisik dan online. Anda bisa menyimpan lokasi fisik Anda, seperti ruang kerja atau kedai kopi, yang hanya akan diperlihatkan setelah janji temu dikonfirmasi.

Salah satu fitur keren Sidekick adalah kemudahan penggunaannya, dengan antarmuka yang bersih dan sederhana. Di sini, Anda bisa menetapkan ketersediaan dan menentukan durasi default semua jenis meeting.

Fitur Utama

  • Integrasi dengan Zoom, Teams, dan Google Meet
  • Undangan meeting kepada orang yang bukan pengguna Sidekick
  • Penerusan undangan email ke Sidekick, yang akan memulai proses penjadwalan

Harga

Sidekick tersedia gratis untuk 3 halaman penjadwalan; Anda bisa upgrade paket dengan harga mulai dari $5/bulan (sekitar Rp79.000).

3. SimplyMeet.me

homepage SimplyMeet.me

SimplyMeet.me mirip dengan Calendly, tapi menyediakan versi gratis yang lebih canggih. Misalnya, Anda bisa menikmati integrasi kalender, berbagai jenis meeting, dan 500 penjadwalan meeting per bulan secara gratis.

Anda juga bisa menyesuaikan meeting dengan mengatur statusnya menjadi private, menambahkan pertanyaan, dan menyesuaikan notifikasi email atau SMS. Kemudian, SimplyMeet.me secara otomatis menyesuaikan zona waktu Anda atau klien Anda untuk mempermudah penjadwalan.

Fitur Utama

  • Waktu buffer sebelum atau setelah meeting
  • Deteksi zona waktu otomatis
  • Dengan Admin App, Anda bisa melihat daftar klien, mengakses pemesanan, dan menambahkan pemesanan baru

Harga

SimplyMeet.me sepenuhnya gratis. Namun, Anda bisa upgrade dengan biaya mulai dari $9,99/bulan (sekitar Rp160.000) untuk menambahkan lebih banyak pengguna dan kalender.

4. Motion

Motion adalah project management tool serbaguna dan kalender yang menyediakan tool penjadwalan bawaan. Fitur Scheduler aplikasi ini bertindak sebagai asisten pribadi, menyiapkan jadwal meeting dan berkomunikasi atas nama Anda menggunakan AI. Lebih kerennya lagi, Motion akan terus menyesuaikan sistemnya berdasarkan tugas-tugas baru.

Anda bisa menggunakan Motion sebagai pengatur jadwal standar yang membagikan link penjadwalan dan mengizinkan pelanggan memilih janji temu. Atau, Anda bisa secara manual memilih beberapa blok waktu dari kalender. Opsi ini lebih mirip dengan penjadwalan manual via email, tapi tanpa harus bolak-balik mengirim pesan.

Fitur Utama

  • Kontrol tampilan terpisah untuk Anda, klien, atau anggota tim untuk menjaga privasi
  • Task Manager untuk mengelola tugas berulang, jangka waktu kustom, dan menyimpan detail catatan
  • Template meeting untuk janji temu yang berulang

Harga

Untuk pengguna individu, Motion tersedia seharga $34/bulan (sekitar Rp535.000). Untuk tim, upgrade paket hanya seharga $20/bulan per pengguna (sekitar Rp315.000).

5. vFairs

vFairs

vFairs adalah platform pengelolaan event serbaguna untuk acara virtual, langsung, dan gabungan. Platform ini membantu organisasi di seluruh dunia untuk mengelola & mengadakan berbagai acara, termasuk konferensi, acara virtual, pameran dagang, job fair, acara mahasiswa, acara internal perusahaan, dan lainnya. Terdapat juga fitur upgrade untuk memfasilitasi jumlah peserta yang berbeda-beda. 

Melalui tempat-tempat virtual 3D yang intuitif dan fitur-fiturnya, Anda bisa membuat pengalaman virtual kustom untuk audiens. Mereka bisa mengakses webinar, stan pameran virtual, fitur networking, berbagi konten, dan lainnya. 

Aplikasi seluler multifungsinya memungkinkan Anda menyediakan check-in berbasis QR, opsi pengelolaan pengguna yang mudah, berbagi kontak, dan fitur networking yang lancar. Tanpa harus melakukan konfigurasi yang ribet, peserta pun bisa lebih fokus pada materi, networking, dan berbagi pengetahuan.

Setiap acara vFairs didukung oleh tim customer service yang berdedikasi, yang selalu tersedia untuk memberikan bantuan.

Fitur Utama

  • Platform acara virtual 2D/3D yang menarik dengan platform virtual yang disesuaikan
  • Website acara kustom, pendaftaran acara, dan penjualan tiket
  • Aplikasi seluler kustom dengan brand untuk networking, engagement, perolehan prospek, check-in, dan pencetakan badge
  • Integrasi dengan 2000+ aplikasi marketing, CRM dan ATS
  • Pelaporan acara dan analitik
  • Project manager khusus

Harga

vFairs menawarkan 3 tingkat harga, yaitu lisensi acara tunggal, dua acara, dan tahunan. Platform ini memungkinkan pelanggan memilih fitur dan add-on yang mereka butuhkan, lalu menyesuaikan harganya dengan kebutuhan acara.

6. Square Appointments

Square Appointments

Square Appointments merupakan bagian dari Square, solusi payment processor populer. Klien Anda bisa menjadwalkan janji dari mana saja, lalu tool ini akan mencatat beberapa jadwal. Square Appointments juga menyediakan opsi untuk menerima atau menolak janji temu.

Platform ini ideal kalau Anda membuat website untuk klien menggunakan WordPress, Wix, atau Squarespace karena Anda bisa menambahkan widget pemesanan ke halamannya. Anda bahkan bisa menerima pembayaran pada saat penjadwalan dan memproses biaya pembatalan.

Fitur Utama

  • Automasi pengingat email dan teks
  • Simpan kartu dalam file untuk menunda janji temu, meminta pembayaran di awal, atau membebankan biaya pembatalan
  • Catat komunikasi, aktivitas, dan preferensi pelanggan untuk membangun hubungan pelanggan yang kuat

Harga

Anda bisa menikmati layanan dasar secara gratis atau upgrade paket mulai dari $29/bulan (sekitar Rp455.000).

Kesimpulan

Sebagai pemilik bisnis atau agensi, Anda dan tim bisa bekerja secara lebih efisien menggunakan marketing tools yang tepat. Anda juga bisa memaksimalkan peluang sukses menggunakan aplikasi bisnis tersebut, misalnya untuk membuat, mengevaluasi, dan mengelola website klien secara lebih efektif.

Berikut adalah beberapa digital marketing tools dan aplikasi terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda:

  • Aplikasi digital marketing seperti GetResponse bisa menghasilkan dan menjaga prospek.
  • Tool media sosial seperti Buffer bisa membangun brand awareness dan memantau engagement.
  • Project management tool seperti Trello bisa meningkatkan alur kerja Anda.
  • Tool SEO seperti SEOptimizer akan membantu menaikkan peringkat website klien Anda.
  • Layanan cloud hosting dari Hostinger bisa membantu Anda membuat dan mengelola website klien.

Jangan lupa, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai teknologi lainnya untuk meningkatkan produktivitas, misalnya seperti AI (kecerdasan buaan). Yuk, raih sukses dan kembangkan bisnis Anda dengan marketing tools terbaik!

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami. Kenali Ninda lebih dekat di LinkedIn.