Cara Membuat Toko Baju Online Sendiri dari Awal sampai Akhir

Sekarang ini, hampir semua bisnis bisa dilakukan secara online tanpa harus mendirikan toko fisik. Mulai dari makanan, keperluan rumah tangga, hingga bisnis baju online, siapa pun bisa memulai usaha dari rumah cukup dengan menggunakan laptop atau HP.

Namun, beberapa bidang bisnis terkadang memiliki tren dan permintaan pasar yang selalu berubah-ubah. Salah satu contohnya adalah sektor fashion, yang bisa sangat dinamis mengikuti perkembangan zaman.

Nah, kalau Anda ingin mulai berjualan baju online, Anda sudah membaca artikel yang tepat. Kami akan menjelaskan cara membuat toko baju online, mulai dari persiapan awalnya sampai tips agar bisnis Anda berhasil untuk jangka panjang. Simak panduannya di bawah ini yuk!

Persiapan sebelum Mulai Jualan Baju Online

Ada beberapa langkah persiapan yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis baju online yang sukses. Berikut poin-poin penting yang sebaiknya Anda perhatikan dengan cermat:

1. Rencanakan Bisnis Baju Online

Perencanaan yang baik akan turut berkontribusi pada keberhasilan bisnis Anda. Pertimbangkan hal-hal berikut ini sebelum Anda memulai usaha jualan baju:

  • Jenis baju yang akan dijual. Tentukan apakah Anda akan menjual baju kasual, formal, pakaian olahraga, atau pakaian dari segmen khusus, seperti baju anak-anak atau fashion muslim. Keputusan ini akan memengaruhi aspek lain bisnis Anda, termasuk supplier, harga, dan strategi pemasarannya.
  • Target pasar. Cari tahu pelanggan seperti apa yang Anda targetkan. Misalnya, apakah pelanggan Anda mencakup remaja, orang dewasa, pelajar, atau tenaga profesional di bidang tertentu. Hal ini akan membantu Anda menentukan strategi pemasaran dan produk yang tepat.
  • Sistem stok. Berdasarkan jenis pakaian yang akan dijual, tentukan apakah Anda akan menjual barang siap pakai dari supplier atau membuatnya sendiri dari awal.

2. Temukan Supplier yang Tepercaya

Setelah menyusun rencana awal, sekarang Anda perlu memilih supplier atau pemasok yang tepat. Pilihlah supplier yang memiliki reputasi baik karena akan berdampak pada kualitas dan stok pakaian jualan Anda. Berikut hal-hal yang bisa dipertimbangkan saat memilih supplier:

  • Supplier bahan. Apabila Anda akan menjual baju buatan sendiri, carilah supplier bahan yang mampu menyediakan kain dan aksesori yang berkualitas dengan harga terjangkau. Selain itu, pastikan supplier bahan pilihan Anda bisa menyediakan stok secara konsisten.
  • Supplier barang jadi. Kalau Anda akan menjual barang jadi, pilihlah supplier yang mampu menyediakan produk dengan kualitas dan ukuran yang sesuai dengan standar Anda dan sanggup memenuhi permintaan dalam jumlah besar kalau diperlukan.

3. Buat Nama Toko yang Bagus

Nama toko akan menjadi identitas bisnis Anda di internet, sekaligus menarik perhatian calon pelanggan dan mencerminkan jenis produk yang Anda jual. Berikut tips dari kami untuk memilih nama toko yang bagus:

  • Mencerminkan bisnis Anda. Pilih nama yang selaras dengan jenis pakaian yang Anda jual dan target pasar Anda. Misalnya, untuk toko baju anak, Anda bisa memilih nama yang lucu dan menggambarkan kesukaan anak-anak.
  • Mudah diingat dan diucapkan. Nama toko Anda harus mudah diingat dan diucapkan oleh calon pelanggan. Dengan begitu, bisnis Anda akan lebih mudah dikenal, serta memudahkan promosi dari mulut ke mulut.
  • Bisa menjadi nama domain. Untuk membuat toko baju online sendiri, pastikan nama toko yang Anda pilih juga cocok sebagai nama domain. Hal ini penting agar pelanggan bisa menemukan toko Anda di internet.

Dengan melakukan langkah persiapan ini, Anda pun bisa memulai bisnis jualan baju online sendiri dan meningkatkan peluang sukses di pasar yang kompetitif.

Cara Jualan Baju Online di Toko Sendiri

Nah, setelah membuat rencana yang matang terkait jenis pakaian, target pasar, supplier, dan nama toko, mari lanjut ke langkah-langkah pembuatan toko baju online.

Meskipun ada banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk berjualan baju online, kami menyarankan agar Anda memiliki website sendiri. Website toko online akan lebih fleksibel dari segi fungsi dan desain, serta bisa membantu Anda membangun branding apabila ingin berbisnis baju dengan brand sendiri.

1. Daftarkan Domain untuk Toko Baju Online

Pertama, Anda perlu memilih nama domain yang akan menjadi tujuan calon pembeli untuk mengakses toko baju online Anda.

Apabila sudah menentukan nama toko pada langkah awal tadi, Anda bisa langsung mencari tahu ketersediaannya sebagai nama domain menggunakan tool cek domain kami di bawah ini.

Cek Domain Murah

Ketik nama domain yang diinginkan dan segera cek ketersediaannya

Sebagai inspirasi, beberapa toko baju online biasanya menyertakan kata “clothing”, “wear”, atau “shop” dalam nama brand mereka saat mendaftarkan domain, seperti wearpact atau shopatanna. Anda juga bisa menggunakan brand generator untuk mencari nama domain yang unik.

Sama seperti saat memilih nama toko, pastikan Anda memilih domain dengan karakteristik berikut ini:

  • Deskriptif. Nama domain harus menjelaskan industri bisnis yang Anda tekuni dan mengandung nama brand Anda.
  • Mudah diingat dan ringkas. Pilih domain yang singkat, maksimal tiga kata. Nama ini juga harus mudah diingat agar orang-orang bisa mengunjungi toko online Anda tanpa harus mencari alamatnya.
  • Mudah diucapkan dan diketik. Hindari menggunakan angka, simbol, atau keterangan lain yang berisiko mengakibatkan salah pengucapan atau salah ketik.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan ekstensi atau TLD, yaitu bagian akhir setelah titik dalam nama domain.

TLD yang paling populer dan banyak digunakan adalah .com, yang mungkin sudah menjadi kebiasaan orang-orang untuk mengetikkan ekstensi tersebut saat mengakses domain suatu website.

Di Hostinger, Anda bisa mendapatkan domain .com dengan harga mulai dari Rp94.900/tahun. Kalau nama domain incaran Anda tidak tersedia dengan ekstensi .com, Anda bisa mencoba .shop atau .store dengan harga yang lebih murah, yaitu mulai dari Rp15.900/tahun.

Setelah menemukan nama dan ekstensi yang tepat, segera registrasikan domain incaran Anda sebelum didaftarkan oleh orang lain, karena satu rangkaian nama domain dan ekstensinya hanya bisa dimiliki oleh satu orang.

2. Pilih Platform untuk Berjualan

Anda harus memilih platform yang tepat dan sesuai kebutuhan untuk membuat toko online dan mengembangkan bisnis pakaian yang sukses dalam jangka panjang.

Ada beberapa opsi yang bisa dipilih, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Di sini, kami akan menjelaskan tiga metode yang paling populer: WooCommerce, website builder, dan platform toko online.

WooCommerce

WooCommerce adalah plugin yang dikembangkan untuk WordPress, CMS (sistem manajemen konten) populer yang digunakan untuk membuat website. Dengan WooCommerce, Anda bisa mengubah website WordPress Anda menjadi toko online.

Untuk menggunakan WordPress dan WooCommerce, Anda perlu mendapatkan layanan hosting.

Untungnya, Anda tidak perlu jauh-jauh mencari karena Hostinger menyediakan paket hosting khusus WooCommerce. Dengan harga mulai dari Rp45900.00/bulan, Anda akan mendapatkan WordPress dan WooCommerce yang sudah terinstal secara otomatis, serta domain gratis untuk langsung membuat website toko online sendiri.

Berikut beberapa keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dengan paket WooCommerce dari Hostinger:

  • Setup yang mudah. Anda akan mendapatkan panduan penyiapan untuk memulai toko online dengan mudah, yang juga tersedia dalam bahasa Indonesia. Panduan ini akan membantu Anda membuat halaman toko, produk, dan menyiapkan metode pembayaran.
  • Mudah disesuaikan. Anda bisa menginstal ekstensi untuk menambahkan lebih banyak fitur, seperti penerimaan pembayaran atau integrasi dengan jasa kirim.
  • Bisa diatur sesuai kebutuhan. Seiring dengan meningkatnya traffic toko baju online Anda, paket hosting Anda bisa diupgrade untuk meningkatkan performanya.
  • Harga terjangkau. Plugin WooCommerce dan beberapa ekstensinya tersedia secara gratis. Dengan demikian, Anda hanya perlu mengeluarkan anggaran untuk berlangganan web hosting.

WooCommerce sangat cocok bagi pengguna yang mencari cara yang mudah dan fleksibel untuk mulai berjualan baju secara online di website. Meski begitu, Anda mungkin perlu mempelajari hal-hal terkait pembuatan website dengan WordPress dan web hosting.

Website Builder Toko Online

Website builder mirip dengan CMS karena Anda bisa menggunakannya untuk membuat semua jenis website. Namun, dengan website builder, Anda tidak perlu menulis coding atau menangani hal apa pun terkait pengelolaan back-end.

Selain itu, website builder biasanya sudah menyertakan layanan hosting dan domain gratis dalam satu paket. Bahkan, Website Builder Hostinger sudah menyertakan fitur-fitur e-Commerce penting untuk membantu Anda menyiapkan toko online.

landing page website toko online hostinger dengan ai website builder

Beberapa keuntungan menggunakan Website Builder Hostinger adalah:

  • Penyiapan yang mudah dan cepat. Setelah menyelesaikan pembelian paket website builder, Anda bisa langsung membuat website menggunakan template siap pakai atau AI.
  • Proses desain yang praktis. Semua template website builder menyertakan bagian siap pakai yang bisa Anda edit lagi. Cukup tambahkan elemen website seperti tombol, gambar, dan teks, lalu pindahkan posisinya di layar editor.
  • User-friendly dan responsif. Editor website builder kami menyediakan tampilan WYSIWYG untuk membantu Anda membuat website dengan tampilan yang sama persis seperti di layar editor. Website yang Anda buat pun akan tetap optimal saat diakses di perangkat seluler.
  • Fitur-fitur pemasaran. Selain untuk membuat website, platform builder Hostinger juga menyediakan tool AI untuk membuat logo, membuat slogan bisnis, dan menulis copywriting website yang menarik.

Apabila Anda mencari cara yang mudah, cepat, dan tidak merepotkan untuk membuat website toko baju, Website Builder Hostinger bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Platform toko online

Tidak seperti dua opsi sebelumnya, platform toko online secara khusus dirancang untuk membuat dan mengelola toko online.

Meskipun fitur pengelolaan kontennya mungkin mirip dengan CMS, platform ini menyediakan fitur manajemen toko dan pemrosesan pesanan yang lebih lengkap. Dalam hal penggunaan, platform ini bisa jadi lebih sulit daripada website builder drag-and-drop meskipun sama-sama tidak memerlukan coding.

Platform toko online tersedia baik dalam versi hosted maupun self-hosted. Platform toko online hosted seperti Shopify atau BigCommerce sudah dilengkapi dengan hosting, tapi memiliki banyak batasan bagi pengguna untuk mengelola websitenya.

Di sisi lain, platform self-hosted seperti PrestaShop menyediakan fungsi dan pengelolaan yang lebih fleksibel. Namun, Anda memerlukan layanan web hosting untuk menggunakan platform ini. Tenang, Hostinger juga menyediakan paket PrestaShop hosting dengan harga mulai dari Rp45900.00/bulan.

Dengan menggunakan platform toko online, Anda akan mendapatkan manfaat berikut:

  • Katalog produk dalam jumlah besar. Di platform toko online, Anda bisa menjual koleksi produk dalam jumlah besar, bahkan hingga ratusan ribu item.
  • Mendukung item produk yang bervariasi. Anda bisa menjual produk dengan berbagai varian, mengatur berbagai elemennya, serta mengelompokkan produk.
  • Pencarian produk yang lebih mendetail. Pelanggan bisa mencari produk tertentu di website Anda menggunakan berbagai filter.
  • Pengelolaan beberapa toko. Anda bisa mengelola beberapa etalase dari satu dashboard admin.

Platform toko online cocok untuk bisnis skala menengah hingga besar yang menjual beragam produk atau layanan. Pada dasarnya, platform ini lebih cocok untuk membuat website yang tujuan utamanya adalah untuk berjualan daripada memublikasikan konten.

Ingat, apa pun platform yang dipilih, pastikan fitur-fitur dan tool yang disediakannya mampu memenuhi kebutuhan Anda untuk membuat toko baju online, serta sesuai dengan anggaran dan kemampuan teknis Anda.

3. Sesuaikan Tema dan Desain Toko

Saat mendesain tampilan website toko baju Anda, sebaiknya pertimbangkan elemen-elemen utama yang ingin Anda tampilkan di website. Misalnya, kalau ingin menambahkan banner video di homepage, pastikan tema pilihan Anda menyediakan fungsi tersebut.

Desain website yang dipilih juga harus selaras dengan brand bisnis baju online Anda. Atau, carilah tema yang menyediakan beberapa pilihan gaya sehingga Anda tidak perlu merombak tampilannya dari awal.

Apabila menggunakan WooCommerce, Anda bisa menemukan tema toko online di direktori WordPress atau WooCommerce. Beberapa developer juga menyediakan tema WooCommerce di websitenya, seperti tema Astra yang populer. Atau, kunjungi marketplace pihak ketiga seperti ThemeForest.

Kalau memilih untuk menggunakan Website Builder Hostinger, Anda bisa memilih berbagai template website toko online siap pakai yang dirancang oleh para desainer.

Saat memilih template, pertimbangkan tips berikut ini untuk menyempurnakan desain web Anda:

  • Hierarki visual. Untuk membuat tata letak halaman yang fungsional, atur elemen-elemen website berdasarkan tingkat kepentingannya. Misalnya, posisikan banner promosi di bagian utama untuk menarik perhatian calon pembeli.
  • Ruang kosong. Sisakan beberapa ruang kosong di antara setiap konten website, serta hapus elemen yang tidak perlu agar tidak terlihat berantakan dan mengganggu pengalaman pengunjung.
  • Navigasi website. Pengunjung harus bisa mengakses semua halaman penting di website Anda melalui bagian menu. Selain itu, sertakan kolom pencarian di bagian atas agar pengunjung bisa langsung menemukan produk yang mereka cari.
  • Kemudahan pembacaan teks. Gunakan hierarki tipografi untuk mengarahkan pandangan pengunjung ke konten yang paling penting. Pisahkan paragraf yang panjang menjadi beberapa bagian agar teks lebih mudah dibaca dengan cepat.
  • Pemilihan warna. Pilih maksimal tiga warna website agar pengunjung tidak merasa kebingungan saat mengakses elemen-elemen website Anda. Gunakan warna yang mencolok untuk elemen yang perlu menarik perhatian, seperti tombol CTA atau tombol keranjang belanja.
  • Mudah diakses di perangkat seluler. Sebagian besar traffic internet berasal dari perangkat seluler. Jadi, desain website Anda harus tetap optimal dan fungsional saat diakses di perangkat seluler. Pilihlah template yang responsif sehingga website Anda bisa ditampilkan dengan baik di semua ukuran layar.

Apabila memerlukan inspirasi, Anda bisa mengunjungi website Yonobi. Desainnya yang minimalis menyertakan banyak ruang kosong untuk memfokuskan arah pandangan pengunjung ke elemen utama website, yaitu tombol CTA yang mengarah ke daftar produk.

homepage website yonobi dengan desain yang menarik

4. Buat Halaman Toko Online

Setelah mendesain website, mari mulai menambahkan halaman ke toko baju online Anda. Beberapa halaman penting yang sebaiknya ada di website jualan pakaian adalah:

  • Homepage. Halaman ini berfungsi untuk memperkenalkan brand fashion Anda. Jelaskan secara singkat tentang bisnis Anda dan tampilkan hero image produk untuk menarik perhatian target audiens.
  • Halaman Tentang Kami. Pengunjung bisa melihat halaman ini untuk mengenal bisnis Anda lebih dekat. Jangan ragu untuk menyertakan kisah berdirinya bisnis Anda serta visi dan misi perusahaan.
  • Galeri produk. Tampilkan semua foto produk Anda di halaman ini. Sertakan beberapa opsi filter dan pengurutan untuk membantu calon pembeli menemukan barang yang mereka inginkan.
  • Informasi ukuran. Halaman ini bisa membantu pelanggan menentukan ukuran baju yang pas untuk dibeli. Sertakan informasi ukuran yang mendetail, seperti panjang, lebar, dan tinggi produk, serta foto model sebagai referensi.
  • Informasi pengiriman. Jelaskan lokasi pengiriman yang dilayani toko Anda, opsi dan jasa kirim yang disediakan, serta estimasi waktu pengiriman produk. Sebaiknya tampilkan juga detail ongkos kirim ke beberapa lokasi agar pelanggan bisa memperkirakan pengeluarannya.
  • Kebijakan retur dan pengembalian dana. Informasi ini bisa membantu pengunjung memutuskan apakah mereka bisa memercayai toko Anda apabila terjadi masalah. Jelaskan syarat dan ketentuan retur barang atau pengembalian dana, dan tambahkan juga prosedur lengkapnya.
  • Halaman keranjang belanja. Di halaman ini, pembeli bisa meninjau pesanan mereka lagi sebelum lanjut ke pembayaran. Halaman ini harus menampilkan perkiraan biaya keseluruhannya sehingga pelanggan tahu jumlah total yang harus dibayarkan.
  • Halaman pernyataan hukum. Halaman ini mencakup kebijakan privasi dan ketentuan layanan, yang menunjukkan bahwa bisnis Anda mematuhi aturan hukum. Gunakan layanan seperti Termify untuk membuat halaman tersebut.

5. Tambahkan Produk ke Toko Online

Apabila halaman-halamannya sudah siap, langkah selanjutnya adalah menambahkan produk ke website Anda. Sebagian besar platform menyediakan pilihan untuk menambahkan item secara massal guna mempercepat prosesnya.

Namun, sebaiknya Anda tetap mengecek produk satu per satu untuk memastikan tampilannya sudah terlihat bagus dan menarik. Saat menambahkan produk, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

Foto Produk

Ketika berbelanja secara online, pelanggan tidak akan bisa menyentuh atau merasakan produk Anda secara langsung. Jadi, Anda harus mengambil foto produk yang bagus dan menambahkan deskripsinya sejelas mungkin.

Anda bisa menyempurnakan etalase produk di website Anda dengan mengikuti beberapa tips berikut:

  • Gunakan peralatan yang bagus. Sebaiknya gunakan kamera profesional seperti DSLR atau mirrorless untuk menghasilkan foto produk HD yang terlihat terang dan tajam.
  • Sewa model kalau memungkinkan. Model bisa membuat produk Anda terlihat lebih nyata dan meyakinkan.
  • Ambil foto pada latar belakang polos. Latar belakang yang polos dan bersih akan membuat foto produk pakaian Anda terlihat lebih jelas sehingga calon pembeli tidak terdistraksi oleh objek lainnya.
  • Foto produk dari beberapa sudut. Karena calon pembeli tidak bisa memegang produk Anda secara langsung, foto dari berbagai sudut akan membantu mereka melihat produk Anda dengan lebih jelas.
  • Koreksi warna dengan cermat. Edit foto produk agar objek di dalamnya terlihat sangat mirip dengan aslinya. Jangan menggunakan filter karena bisa mengganggu tampilan produk dalam foto.
  • Aktifkan fungsi zoom. Menggunakan fitur ini, pelanggan bisa melihat detail produk Anda dengan lebih jelas.

Mari lihat contohnya dari foto-foto produk Uniqlo. Latar belakang yang terang dan polos serta posisi model yang berada di bagian tengah membuat presentasi produk di toko baju online ini terlihat lebih menarik. Selain itu, pose dinamis model dalam foto membantu calon pembeli membayangkan tampilan langsung produk tersebut.

contoh penyajian foto produk di website uniqlo

Harga Produk

Penetapan harga bisa menentukan jumlah keuntungan yang akan diperoleh dari bisnis pakaian online Anda. Berikut adalah beberapa strategi penetapan harga yang umum digunakan di toko online:

  • Berbasis biaya. Total biaya produksi dan pemasaran ditambahkan dengan margin keuntungan per penjualan. Metode ini merupakan yang paling mudah bagi pemula, tapi pembeli mungkin kurang merasa tertarik dengan model harga tersebut.
  • Berbasis persaingan. Dengan strategi ini, Anda perlu melakukan analisis kompetitor untuk mengetahui kisaran harga produk serupa sehingga Anda bisa menawarkan harga yang bersaing.
  • Berbasis nilai jual. Strategi ini menggabungkan dua strategi sebelumnya, sekaligus mempertimbangkan nilai jual unik yang Anda tawarkan. Nilai jual ini bisa berupa filosofi brand, kualitas bahan, atau fitur produk yang unik.

Untuk harga produk, Anda masih bisa menyesuaikannya lagi nanti. Misalnya, Anda masih bisa memberikan diskon tertentu atau harga promosi. Jadi, jangan terlalu khawatir saat menetapkan strategi harga jualan Anda.

Deskripsi Produk

Deskripsi produk yang jelas dan menarik bisa membantu meningkatkan angka penjualan bisnis Anda. Menurut laporan eMarketer, deskripsi produk bahkan memengaruhi 82% keputusan pembelian pelanggan.

Sebagai referensi, mari lihat deskripsi produk berikut ini dari Modcloth.

contoh deskripsi produk gaun berwarna hitam di website modcloth

Deskripsi tersebut menjelaskan item dan fitur-fitur produk mereka, sekaligus detail bahan dan ukurannya. Selain itu, mereka juga menuliskan cara pencucian produk di bagian sendiri, yang merupakan informasi penting agar pembeli tidak salah mencuci produk dan membuat baju mereka rusak secara tidak sengaja.

6. Siapkan Metode Pembayaran

Sebelum meluncurkan bisnis toko baju online Anda, pastikan untuk menerapkan sistem pembayaran yang aman dan lancar. Apalagi proses transaksi biasanya mengharuskan pembeli memasukkan data sensitif mereka, seperti informasi kartu kredit, kartu debit, atau rekening bank.

Untuk toko baju online, beberapa metode yang umum digunakan untuk memproses pembayaran adalah:

  • Transfer bank. Pelanggan bisa melakukan pembayaran langsung dari rekening bank mereka ke rekening bank bisnis Anda. Transfer bank biasanya lebih disukai oleh pelanggan yang tidak memiliki kartu kredit atau dompet digital.
  • Virtual account. Metode ini menyediakan nomor rekening virtual unik kepada pelanggan untuk setiap transaksi. Virtual account memudahkan pencatatan pembayaran karena setiap transaksi bisa diidentifikasi secara spesifik.
  • PayPal. Apabila toko baju online Anda melayani pembeli internasional, platform ini bisa memproses pembayaran dalam 25 mata uang. Namun, ada potongan biaya dengan jumlah yang berbeda-beda menurut jenis transaksi dan lokasi pemilik bisnis.

Setelah itu, jangan lupa untuk mengecek lagi apakah ada error yang mengganggu pelanggan untuk menemukan produk, checkout barang, dan menyelesaikan transaksi. Masalah ini bisa berupa link yang rusak, gambar yang lama dimuat, halaman yang error, atau sistem pembayaran yang tidak berfungsi.

Mintalah masukan dari teman atau anggota keluarga untuk menyempurnakan fungsi toko online Anda. Atau, manfaatkan tool pengujian kegunaan untuk menganalisis website dan mengidentifikasi hambatan yang harus ditangani.

Setelah semuanya berfungsi dengan baik, Anda pun siap meluncurkan bisnis baju online Anda!

7. Promosikan Toko Baju Online

Terakhir, Anda perlu mempromosikan bisnis untuk memperkenalkan brand Anda kepada calon pelanggan dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Secara umum, strategi pemasaran yang paling cocok untuk website toko baju adalah saluran online juga, seperti media sosial, email, serta SEO.

Promosi di Media Sosial

Media sosial bisa menjadi platform promosi yang sangat efektif apabila Anda tahu strateginya. Anda bisa mempelajari kebiasaan pengguna di setiap platform untuk menjangkau target pasar yang tepat dan mempromosikan bisnis Anda.

Misalnya, brand fashion biasanya menggunakan Instagram untuk mempromosikan produknya. Atau, Anda bisa menggunakan Pinterest untuk menjual produk, mengingat platform ini banyak digunakan oleh penggemar fashion.

Untuk membangun reputasi bisnis jualan baju online Anda di media sosial, cobalah tips berikut ini:

  • Gunakan akun bisnis. Akun bisnis menyediakan akses ke fitur-fitur khusus yang berguna untuk toko online, seperti analisis audiens, postingan produk, dan iklan berbayar.
  • Jalin kerja sama dengan influencer. Micro influencer biasanya lebih terjangkau untuk diajak bekerja sama. Tingkat keterlibatan mereka dengan followers juga biasanya lebih tinggi sehingga bisa membantu Anda meningkatkan ROI.
  • Adakan giveaway. Strategi ini akan membantu Anda meningkatkan brand awareness. Contohnya, brand Girlfriend Collective memberikan hadiah legging gratis bagi orang-orang yang membagikan postingan mereka di akun media sosialnya. Hasilnya, mereka mendapatkan 10.000 pesanan di hari peluncurannya.
  • Perbanyak user-generated content. Dorong pelanggan untuk memposting foto produk Anda di media sosialnya, misalnya dalam bentuk ulasan dengan tagar unik, lalu posting ulang di akun bisnis Anda. Strategi ini bisa membantu meningkatkan kredibilitas brand Anda.

Strategi Pemasaran Online Lainnya

Selain pemasaran media sosial, strategi berikut ini juga bisa dicoba untuk mempromosikan bisnis pakaian online Anda:

  • Email marketing. Tambahkan formulir pendaftaran di website Anda untuk meminta alamat email pengunjung. Nantinya, Anda bisa mengirimkan pengumuman atau promosi melalui email kepada mereka ketika ada koleksi baru. Jangan lupa, tawarkan imbalan seperti diskon atau voucher bagi pengunjung yang bersedia mendaftar.
  • Postingan blog. Metode ini bisa menaikkan peringkat website di mesin pencari dan membantu pembaca lebih mengenal brand Anda. Misalnya, Anda bisa menulis postingan blog fashion tentang kombinasi gaya terbaik atau tren fashion masa kini.
  • Iklan pencarian. Buat iklan produk Anda di beberapa saluran menggunakan kata kunci yang relevan dan sesuai dengan maksud pencarian audiens. Contohnya, Anda bisa menggunakan strategi PPC.

Tips untuk Mengembangkan Bisnis Baju Online

Nah, setelah toko baju online Anda diluncurkan, kami akan membagikan beberapa tips tambahan untuk membantu Anda mengembangkan bisnis lebih lanjut.

Optimalkan Kecepatan Toko Online

Menurut Portent, website toko online harus bisa dimuat dalam waktu dua detik untuk mendapatkan angka penjualan terbaik. Selebihnya, pengunjung mungkin akan beralih ke toko online lain yang lebih cepat.

Google juga mempertimbangkan waktu loading sebagai faktor peringkat untuk hasil pencarian organik dan berbayar. Dengan kata lain, website yang cepat lebih berpeluang mendapatkan transaksi dan traffic yang lebih tinggi.

Tingkatkan Nilai Pesanan Rata-Rata (AOV)

AOV adalah metrik yang digunakan untuk menilai jumlah pembelian rata-rata pelanggan dalam setiap transaksi. Untuk menghitung jumlahnya, bagi total pendapatan toko dengan jumlah pesanan yang diselesaikan.

Anda bisa menghasilkan pendapatan yang lebih besar per penjualan dengan meningkatkan AOV. Caranya, Anda bisa mendorong pelanggan untuk membeli lebih banyak produk dengan menerapkan tips-tips berikut ini:

  • Berikan gratis ongkir dengan minimal order. Strategi ini bisa membuat pelanggan membeli lebih banyak produk agar memenuhi syarat untuk mendapatkan gratis ongkir.
  • Rekomendasikan produk terkait. Misalnya, kalau menjual produk perhiasan, cobalah menawarkan item lain yang bisa digunakan secara berpasangan. Terapkan strategi ini pada proses checkout di mana pembeli hanya perlu selangkah lagi untuk menyelesaikan pembelian.
  • Tawarkan opsi paket. Contohnya, Anda bisa menawarkan warna lain dalam satu rangkaian produk untuk mendapatkan diskon. Harga paket harus lebih murah daripada pembelian terpisah untuk menawarkan keuntungan yang lebih menarik bagi pelanggan.
  • Buat program loyalitas. Strategi ini mendorong pembeli baru untuk menjadi pelanggan tetap, yang kemungkinan pembeliannya 67% lebih tinggi daripada pembeli baru.

Minimalkan Tingkat Batal Checkout

Tingkat batal checkout adalah jumlah pelanggan yang meninggalkan produk dalam keranjang belanjanya tanpa menyelesaikan pembelian. Anda bisa mencoba metode berikut untuk menurunkan rasio ini:

  • Optimalkan alur pembayaran. Sediakan proses pembelian yang mudah dan cepat bagi calon pembeli. Aktifkan pembayaran tanpa login dan beberapa opsi lainnya. Minta informasi yang penting saja dari pembeli, seperti alamat pengiriman, informasi pembeli, dan detail pembayaran.
  • Tampilkan total perkiraan biaya pada keranjang belanja. Pelanggan pasti akan merasa sebal kalau tiba-tiba ada biaya lain yang tidak transparan. Jadi, tampilkan total perkiraan biaya sejak dari halaman keranjang belanja.
  • Amankan website Anda. Website yang terlihat kurang kredibel membuat pelanggan merasa tidak aman untuk lanjut berbelanja. Anda bisa menerapkan sertifikat SSL untuk mengamankan website toko baju Anda, yang akan turut meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Analisis Perilaku Pelanggan

Manfaatkan tool analitik untuk meningkatkan penjualan bisnis baju online Anda. Tool ini bisa menyediakan data tentang produk yang paling laris dan hambatan yang membuat pelanggan tidak jadi membeli produk Anda.

Contohnya adalah Google Analytics, yang bisa memberikan berbagai data tentang performa website Anda, termasuk sumber traffic, jumlah tayangan setiap halaman, dan tingkat konversi.

homepage google analytics

Selain itu, Anda bisa menggunakan Google Analytics secara gratis untuk memantau performa website Anda.

Siap Memulai Bisnis Jualan Baju Online?

Apa pun jenis usahanya, memulai bisnis online memang memerlukan banyak persiapan, waktu, dan usaha. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa sukses meskipun belum memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup.

Melalui artikel ini, kami sudah membagikan panduan untuk membantu Anda membuat toko baju online sendiri. Berikut rangkuman singkatnya:

  1. Rencanakan baju yang akan dijual.
  2. Temukan supplier yang tepercaya.
  3. Buat nama toko dan nama domain.
  4. Pilih platform untuk membuat toko online.
  5. Sesuaikan tema dan desain toko.
  6. Buat halaman yang diperlukan.
  7. Tambahkan produk ke toko Anda.
  8. Siapkan metode pembayaran.
  9. Promosikan toko baju online Anda.

Perlu diingat bahwa langkah-langkah ini baru merupakan permulaannya saja. Untuk mengembangkan bisnis Anda, terapkan berbagai strategi untuk mempercepat loading halaman toko, meningkatkan angka pembelian, mengurangi tingkat batal checkout, dan menggunakan tool analitik web.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai perjalanan Anda menuju sukses dengan bisnis jualan baju online! Semoga berhasil!

Tanya Jawab (FAQ) Cara Jualan Baju Online

Di bagian ini, kami akan menjawab beberapa pertanyaan umum tentang cara membuat toko baju online.

Berapa Modal untuk Memulai Bisnis Jualan Baju Online?

Totalnya akan bergantung pada beberapa faktor, seperti platform toko online, layanan hosting, nama domain, tema etalase toko, dan ekstensi yang dipilih. Apabila memerlukan informasi lebih lanjut, Anda bisa membaca artikel kami lainnya tentang estimasi biaya pembuatan website.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Toko Baju Online?

Dengan platform toko online self-hosted atau website builder, Anda bisa membuat toko online dalam waktu kurang dari satu jam. Anda cukup mendaftar akun, memilih tema, menambahkan produk, dan mengonfigurasi pengaturan website. Namun, kalau menggunakan jasa web developer, prosesnya mungkin bisa sampai berbulan-bulan.

Berapa Keuntungan dari Jualan Pakaian Online?

Bisnis pakaian online umumnya lebih hemat biaya daripada bisnis fisik. Anda tidak perlu membayar biaya seperti sewa tempat sehingga Anda bisa menghemat anggaran dan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Sebagai bidang bisnis yang cukup menguntungkan, pasar fashion juga memiliki banyak permintaan secara keseluruhan.

Apakah Harus Membuat Produk Sendiri untuk Berjualan Baju Online?

Tidak. Beberapa brand menggunakan model bisnis dropship dan whitelabeling, yang berarti mereka mendapatkan produk dari supplier lalu menjualnya dengan brand sendiri. Model bisnis ini cocok kalau Anda ingin fokus berjualan dan promosi saja karena tidak perlu berurusan dengan pengirimannya.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami. Kenali Ninda lebih dekat di LinkedIn.