20 Contoh Website UMKM & Bisnis Kecil Sukses untuk Inspirasi

Lebih dari 80% konsumen cenderung mencari informasi dulu di internet tentang suatu bisnis sebelum melakukan pembelian. Tanpa adanya channel online, bisnis Anda mungkin akan kehilangan calon pelanggan dan sulit bersaing dengan kompetitor yang sudah memiliki website.

Nah, apabila Anda memerlukan inspirasi untuk membuat website bisnis sendiri, kami akan membagikan contoh website UMKM dan bisnis kecil terbaik di artikel ini. Lingkupnya mencakup berbagai industri, seperti camilan, fashion, kuliner, akomodasi, dan hiburan.

Untuk setiap contoh website bisnis kecil ini, kami akan menjelaskannya secara singkat dan menyoroti aspek-aspek desain terbaiknya. Kami juga akan membagikan tips penting yang perlu Anda ingat saat membuat website UMKM atau bisnis kecil.

Langsung saja, temukan contoh website UMKM dan bisnis kecil terbaik yang bisa Anda jadikan inspirasi di bawah ini yuk!

20 Contoh Website UMKM & Bisnis Kecil untuk Inspirasi

Di bagian ini, kami akan membagikan 20 contoh website UMKM dan bisnis kecil terbaik yang bisa Anda jadikan inspirasi ide website.

Tiap-tiapnya membahas jenis bisnis yang berbeda, mulai dari UMKM Indonesia hingga bisnis kecil internasional untuk membantu Anda menyesuaikan desain web berdasarkan target pasar Anda.

1. Ladang Lima

homepage ladang lima sebagai salah satu contoh website umkm terbaik

Ladang Lima adalah brand makanan ringan sehat asal Indonesia yang memproduksi camilan bebas gluten. Perusahaan ini memiliki misi untuk menerapkan sistem pertanian yang berkelanjutan, mendukung para petani lokal dan menghadirkan produk dari alam kepada konsumen.

Website utama Ladang Lima difungsikan sebagai profil perusahaan untuk memperkenalkan bisnisnya secara lebih luas kepada audiens. Brand ini menjelaskan bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat produknya, serta visi dan misi utama perusahaan.

Terdapat link yang mengarah ke toko online Ladang Lima di bagian header. Beberapa elemen penting website perusahaan seperti halaman About Us (Tentang Kami) dan FAQ juga tersedia, menjadikannya sebagai contoh website UMKM yang optimal untuk membantu pengunjung mengenal bisnis ini lebih dekat.

2. Cokelat Monggo

landing page cokelat monggo

Bersasal dari wilayah bersejarah di Yogyakarta, Cokelat Monggo meneruskan warisan cokelat Indonesia dengan kelezatan produk-produknya yang dibuat dari biji kakao lokal. Tak hanya berhasil dikenal sebagai brand lokal, Cokelat Monggo juga turut melestarikan budaya dan warisan sejarah Yogyakarta.

Websitenya menggabungkan fungsi toko online sekaligus profil perusahaan yang menjelaskan secara lengkap sejarah didirikannya usaha ini. Di etalasenya, produk-produk dikategorikan berdasarkan jenisnya dan tujuan pembelian pelanggan, seperti untuk hari besar, souvenir, atau cokelat ramah anak.

Dengan landing page yang langsung mencerminkan visi utama perusahaan terhadap budaya Yogyakarta, Cokelat Monggo turut memperkenalkan kekayaan kuliner Indonesia sembari menyajikan pengalaman belanja online yang lancar.

3. Bucini

homepage bucini perusahaan produk kulit sebagai contoh website umkm

Masih dari Yogyakarta, Bucini adalah brand yang memproduksi barang-barang fashion berbahan kulit. Berkat usaha yang luar biasa dalam memperhatikan detail dan kualitas produk, brand ini berhasil memasarkan produknya sampai ke Australia dan Eropa.

Selain menceritakan brand story yang apik, website Bucini juga difungsikan sebagai toko online. Navigasinya didesain dengan baik, menampilkan tombol bantuan bagi pengunjung yang ingin langsung menghubungi bisnis ini melalui WhatsApp atau Instagram.

Melalui tampilan visual yang menawan, Bucini memastikan pengalaman browsing yang menyenangkan bagi pelanggan yang mencari dompet, tas, atau aksesori. Anda bisa mengambil inspirasi dari contoh website UMKM ini untuk menciptakan pengalaman belanja yang efisien.

4. Bengok Craft

landing page bengok craft sebagai salah satu contoh website umkm

Bengok Craft yang berasal dari Semarang, Indonesia, adalah brand yang memproduksi barang-barang fungsional buatan tangan dari eceng gondok. Beberapa produknya meliputi sandal, tas, dan buku yang dibuat dari tanaman yang sering dianggap hama tersebut.

Homepage websitenya menyambut pengunjung dengan nuansa tradisional yang menunjukkan proses produksi UMKM ini. Fungsi utamanya adalah sebagai toko online, dengan tombol CTA yang langsung mengarahkan pengguna untuk membeli produk.

Scroll ke bawah, ada bagian testimoni pembeli serta informasi marketplace dan media sosial untuk mengarahkan pengunjung menghubungi bisnis ini melalui channel lain. Anda bisa menerapkan strategi serupa untuk turut memaksimalkan penjualan bisnis Anda di saluran lainnya.

5. Tisoo

homepage tisoo brand asal indonesia sebagai contoh website umkm

Tisoo, brand produk ramah lingkungan dari serat bambu, hadir untuk menyajikan solusi berkelanjutan bagi kebutuhan sehari-hari Anda.

Websitenya memiliki desain yang elegan, dengan fungsi utama sebagai toko online. Selain itu, Tisoo juga menyajikan informasi yang lengkap tentang visi dan misi bisnisnya, dengan menu ‘Impact’ yang menunjukkan bukti kontribusi perusahaan terhadap lingkungan.

Brand ini pun berhasil menyampaikan nilai-nilai utamanya melalui website sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi konsumen yang peduli terhadap lingkungan dan mencari produk berkualitas tinggi yang ramah bumi.

6. Gayoland Coffee

homepage gayoland coffee contoh website umkm kopi

Produk UMKM kopi asal Aceh ini menyediakan produk yang berasal dari jenis kopi populer di wilayahnya, yaitu kopi Gayo.

Selain sebagai toko online, websitenya difungsikan sebagai pusat informasi bagi orang-orang yang mencari tahu brand ini lebih dekat. Informasi kontak yang disajikan sangat lengkap, dengan titik lokasi Google Maps dan detail rekening yang valid untuk meningkatkan kepercayaan pembeli.

Dengan menggabungkan teknologi dengan warisan tradisi lokal, Gayoland Coffee berhasil menjadi brand UMKM kopi yang dikenal lebih luas berkat kehadiran online yang kuat.

7. Lapis Bogor Sangkuriang

website lapis bogor sangkuriang

Website Lapis Bogor Sangkuriang, brand oleh-oleh asal Bogor, bisa menjadi salah satu contoh website UMKM dan bisnis kecil apabila Anda memiliki usaha yang berhubungan dengan kue berbahan dasar produk lokal.

Antarmuka websitenya cukup simpel, menampilkan visual produk yang menunjukkan rasa dan tekstur unik produknya. Selain itu, tersedia floating button untuk keranjang belanja dan kontak WhatsApp untuk memudahkan pembeli melakukan transaksi langsung dari websitenya.

Meskipun lebih diutamakan sebagai company profile, contoh website UMKM ini tetap menyediakan informasi produk yang jelas serta pengalaman berbelanja online yang mudah bagi pelanggannya.

8. Seamwork

homepage seamwork sebagai contoh website bisnis kecil

Seamwork adalah layanan langganan bagi orang-orang yang suka menjahit. Member website ini bisa mendapatkan konten inspirasi pola jahit bulanan, kelas jahit bersama, dan bergabung ke komunitas pribadi dengan lebih dari 20.000 penjahit.

Contoh website bisnis kecil ini menerapkan salah satu strategi terbaik dalam cara berjualan online, yaitu menawarkan produk digital secara gratis. Produk ini meliputi webinar gratis, pola jahitan, dan kuis 2 menit untuk membantu pengunjung menemukan bidang fokus yang ideal saat belajar menjahit.

9. Finer Palate

homepage finer palate

Berlokasi di Richmond, Virginia, Finer Palate adalah bisnis katering yang menyediakan makanan mewah untuk acara pribadi atau perusahaan. Layanannya mencakup berbagai menu makan siang, makan malam, ukiran buah, hidangan pembuka, dan camilan.

Homepagenya menampilkan statistik yang berguna untuk pemasaran, seperti jumlah acara yang sudah pernah ditangani dan lama pengalaman di bidangnya untuk meningkatkan kredibilitas. Selain itu, bisnis ini menawarkan berbagai jenis hidangan yang bisa dipilih.

Website ini juga memiliki tombol scroll-up, yang membantu pengunjung kembali ke bagian atas halaman tanpa harus scrolling secara manual.

10. Unladylike

homepage unladylike sebagai contoh website bisnis kecil

Unladylike adalah podcast lifestyle seputar perempuan yang dipandu oleh Cristen Conger. Proyek ini menyajikan cerita, pengungkapan fakta, dan pemberian saran dengan topik yang berhubungan dengan kehidupan perempuan.

Latar belakang website ini menampilkan visual sampul podcast episode sebelumnya yang disusun dalam bentuk grid. Metode ini menciptakan skema warna yang cerah dan ceria, sembari menyajikan berbagai topik yang telah dibahas oleh Cristen.

Homepagenya juga menampilkan audio player dengan lebih dari 200 episode podcast. Hasilnya, pengunjung tidak perlu mengakses website atau platform lain untuk mulai mendengarkan podcast.

11. Bar Kismet

homepage website bar kismet

Bar Kismet adalah restoran dan bar milik keluarga yang berlokasi di Halifax, Kanada. Menu-menu yang disajikannya mencakup minuman, makanan laut segar, dan pasta buatan sendiri.

Contoh website bisnis kecil di bidang restoran ini menyediakan layanan reservasi yang cepat dan mudah melalui halaman yang muncul ketika pengunjung mengklik menu Reservation.

Tanggal, waktu, dan jumlah tamu juga bisa disesuaikan pada menu drop-down di halaman tersebut. Selain itu, pengunjung bisa melihat informasi kontak dan lokasi fisik restoran.

12. Truoba

Terdiri dari tim arsitek dan desainer rumah, Truoba adalah bisnis online yang menyediakan jasa desain untuk membangun hunian impian bagi kliennya.

Desain website bisnis kecil ini memiliki menu navigasi sticky yang membuat top bar tetap muncul saat pengunjung menscroll halaman ke bawah, memudahkan mereka mengunjungi halaman lain tanpa repot.

Homepagenya juga mencantumkan harga jasa yang dikategorikan berdasarkan popularitas, koleksi, dan ukuran. Semua daftar harga menyediakan item yang bisa diklik untuk membantu pelanggan mengakses halaman produk dengan mudah dan melakukan transaksi dengan cepat.

13. Cleanadora

homepage website cleanadora

Cleanadora adalah jasa bersih-bersih rumah dan properti komersial di Cambridge, Massachusetts, yang menyediakan layanan untuk rumah dan perusahaan. Personelnya dilengkapi dengan peralatan bersih-bersih terbaik, termasuk disinfektan kelas rumah sakit dan filtrasi HEPA.

Desain homepagenya menampilkan slider layar penuh yang menunjukkan gambar rumah-rumah yang bersih, dipadukan dengan testimoni pelanggan untuk membantu membangun kredibilitas.

Informasi penting seperti alamat perusahaan, nomor telepon, dan jam operasional langsung terlihat di bagian atas halaman. Pelanggan baru pun tidak perlu repot mencari-cari informasi tersebut untuk menjangkau bisnis ini.

14. Gone to the Dogs

website gone to the dogs

Gone to the Dogs adalah perusahaan asal Brooklyn yang menawarkan barang-barang eksklusif buatan tangan dan ramah lingkungan untuk hewan peliharaan kesayangan, serta dibuat secara teliti oleh pengrajin.

Desain website bisnis kecil menampilkan foto-foto berbagai produk dengan nama dan harganya langsung di homepage untuk memudahkan pengunjung melihat-lihat katalog.

Halaman tokonya memiliki menu drop-down untuk memfilter item berdasarkan jenisnya serta mengurutkan produk berdasarkan popularitas, harga, tanggal diiklankan, dan urutan abjad. Dengan strategi ini, calon pembeli pun bisa lebih mudah menemukan produk yang mereka inginkan.

15. Music Villa

homepage website music villa

Berlokasi di Montana, Amerika Serikat, Music Villa adalah toko alat musik yang berfokus pada gitar akustik, elektrik, dan bass. Bisnis ini menjual gitar dari produsen populer seperti Gibson, Taylor, Martin, Collings, Fender, dan PRS.

Homepage website toko onlinenya menggunakan judul yang menarik dan tajam, seperti Just Arrived (Produk Baru) dan Must See Arrivals (Produk Baru Terbaik) untuk menarik perhatian pengunjung ke produk terbaru dan produk unggulannya.

Bisnis ini juga membuat video untuk memasarkan produknya, mulai dari klip edukatif hingga sketsa pendek. Melalui konten yang bermanfaat dan menghibur, konsumen pun akan merasa lebih percaya serta lebih dekat dengan brand.

Mau Membangun Toko eCommerce Sendiri?

Simak panduan kami mengenai cara membuat website eCommerce yang sukses dan menguntungkan yuk!

16. La Petite Alice

homepage la petite alice

La Petite Alice, bisnis kecil asal Lituania, menjual pakaian dan aksesori linen buatan tangan menggunakan sistem pesanan khusus. Contoh produk brand ini meliputi linen dapur dan meja, celemek, serta pakaian untuk pria, wanita, dan anak-anak.

Toko onlinenya menggunakan palet warna cokelat tanah dan beige yang sejalan dengan komitmennya terhadap gaya hidup santai, tumbuh bersama alam, dan keberlanjutan.

Homepagenya memiliki gambar dan slider yang bisa diklik untuk mengarahkan pengunjung ke berbagai halaman produk. Metode ini cukup efektif untuk mempromosikan produk dan memikat pelanggan untuk melakukan pembelian.

17. Movement LAB

homepage movement lab sebagai contoh website bisnis kecil

Movement LAB adalah studio fitness yang berlokasi di Vilnius, Lituania. Hal yang menjadi nilai jual unik studio ini adalah sistem latihan dalam kelompok kecil, menyediakan sesi pribadi dan semi-pribadi yang dilatih oleh instruktur khusus.

Contoh website bisnis kecil yang dihosting di Hostinger ini menampilkan semua informasi penting di homepagenya sehingga orang-orang tidak perlu mengakses halaman web lain untuk mencari detail seperti lokasi dan paket harga.

Selain itu, tersedia informasi pendaftaran dan tombol CTA (call-to-action), pelatih, serta informasi kontak yang semuanya mudah diakses.

18. Little Karma Co.

homepage little karma co

Didirikan saat lockdown COVID-19 tahun 2020, Little Karma Co. menyediakan lilin vegan dengan asap bersih yang ramah lingkungan. Terbuat 100% dari lilin alami, produk buatannya bisa diisi ulang dan disesuaikan dengan preferensi pembeli.

Little Karma Co. menyisipkan identitas branding yang kuat sebagai sebagai contoh website bisnis kecil. Perusahaan ini menggunakan beberapa strategi untuk mempromosikan produknya di homepage, seperti mencantumkan keunggulan brand dan cara memesan lilin sesuai preferensi pelanggan.

Selain itu, website ini juga menampilkan kutipan dari media berita dan testimoni pelanggan untuk meningkatkan kredibilitas brand.

19. SOLIDU

homepage solidu

SOLIDU adalah toko online produk kecantikan asal Lituania yang menjual item seperti sampo, kondisioner, sabun, dan body butter. Didasarkan pada rasa cinta terhadap lingkungan, brand ini menciptakan produk-produk ramah lingkungan yang minim limbah dan kemasan yang bisa diurai.

Halaman toko website eCommerce ini menyajikan foto produk yang berubah ketika kursor diarahkan padanya. Pengunjung website pun bisa melihat berbagai sudut tampilan produk dengan cepat, termasuk di dalam kemasannya, tanpa harus membuka halaman produk sendiri-sendiri.

20. Ine Agresta

website ine agresta website patung ukiran lembut

Ine Agresta adalah seorang seniman dan desainer Denmark asal Uruguay yang berpengalaman di bidang fashion dan tekstil. Ia suka bereksperimen dengan berbagai jenis seni dan warna-warna berani, berusaha menceritakan kisah hidupnya melalui karyanya.

Website Agresta, yang dihosting di Hostinger, berfungsi sebagai portofolio virtual dan toko online yang menjual karya seni seperti ukiran berbahan lembut, seni kertas daur ulang, keramik, dan hasil cetak.

Halaman tokonya menampilkan menu drop-down, mengurutkan item berdasarkan popularitas, peringkat, harga, atau waktu posting. Fitur berguna ini pun membantu memudahkan pelanggan menemukan barang yang mereka minati.

Tips Membuat Website UMKM dan Bisnis Kecil yang Optimal

Berikut adalah faktor-faktor penting yang perlu diperhatikan untuk membuat website UMKM dan bisnis kecil yang optimal:

  • Desain responsif. Website yang responsif atau mobile-friendly memiliki tampilan yang tetap bagus dan fungsional di layar apa pun, termasuk perangkat seluler seperti tablet atau telepon. Website ini juga berpeluang mendapatkan peringkat lebih baik di SERP sehingga bisa mendapatkan lebih banyak traffic organik.
  • Nama domain yang relevan. Temukan registrar domain yang tepercaya, lalu beli domain sesuai nama bisnis Anda. Atau, Anda juga bisa membeli alternatif lain yang mirip dengan nama domain Anda lalu mengarahkannya ke website utama.
  • Optimasi mesin pencari (SEO). Pelajari berbagai strategi SEO untuk mulai menjual produk secara online, karena akan memengaruhi traffic website dan visibilitas brand. Strategi ini membantu website Anda mendapatkan peringkat tinggi di halaman hasil mesin pencari, yang mencakup riset dan implementasi kata kunci serta alt text gambar.
  • Loading website yang cepat. Makin lama website dimuat, makin mungkin juga pengunjung meninggalkan website. Untuk meningkatkan kecepatan loading website, salah satu caranya adalah dengan memilih hosting yang tepat dan menggunakan CDN.
  • Desain yang rapi dan user-friendly. Salah satu cara desain web yang paling efektif adalah tidak memenuhi website dengan terlalu banyak elemen. Cukup sertakan informasi penting, hindari palet warna yang mencolok, dan hadirkan navigasi yang intuitif.
  • Detail kontak yang jelas. Tampilkan informasi kontak Anda dengan jelas, karena sangat penting bagi bisnis kecil yang kemungkinan akan dijangkau pelanggan melalui janji temu atau reservasi.
  • Informasi yang akurat. Sebelum memublikasikan konten baru atau mengupdate konten yang ada, teliti lagi untuk memastikan keakuratan dan kualitas informasi. Minimalkan kesalahan tata bahasa, ganti data yang sudah tidak berlaku, dan kutip sumber yang kredibel.
  • Tombol CTA. Tombol ini merupakan salah satu elemen desain paling penting untuk website bisnis. Gunakan tombol CTA yang diletakkan secara strategis untuk mendorong pengunjung membeli produk atau berlangganan buletin.
  • Bagian ‘Tentang Kami’. Perkenalkan bisnis Anda secara lebih dekat dengan pelanggan, jelaskan hal-hal yang dilakukan perusahaan Anda, serta orang-orang di baliknya. Kalau bisa, sertakan juga foto Anda atau tim Anda untuk membangun koneksi emosional dengan calon konsumen.

Apabila sudah siap, onlinekan ide website UMKM atau bisnis kecil Anda tanpa ribet menggunakan CMS yang fleksibel, atau gunakan website builder tanpa coding.

Kesimpulan

Apa pun industrinya, website adalah sarana yang sangat penting untuk bisnis kecil karena bisa meningkatkan exposure, penjualan, dan kredibilitas. Namun, beberapa pemilik bisnis terkadang bingung harus memulai prosesnya dari mana.

Selain mencari tahu resource dan tool yang dibutuhkan, Anda juga bisa melihat berbagai contoh website UMKM dan bisnis kecil untuk menemukan inspirasi dalam proses membuat website.

Apabila masih belum tahu desain seperti apa yang bisa diterapkan di website bisnis kecil Anda, berikut adalah rekomendasi terbaik kami:

  • Ladang Lima – memperkenalkan bisnis melalui informasi yang mendetail untuk mengajak calon pelanggan memahami visi dan misi brand lebih lanjut.
  • Cokelat Monggo – menunjukkan aspek budaya lokal yang kental dan melestarikannya dengan mempromosikan produk unggulannya di homepage.
  • Bucini – memanfaatkan websitenya dengan baik sebagai toko online dan sarana branding yang kuat melalui informasi kontak yang mudah.
  • Music Villa – menarik perhatian pengunjung, meningkatkan kredibilitas bisnis, serta memupuk loyalitas dan kecintaan brand melalui strategi video content marketing yang unik.
  • Little Karma Co. – menyuarakan brand voice yang kuat dengan berbagai strategi untuk mempromosikan brand dan produknya di homepage.

Mana pun desain yang dipilih sebagai inspirasi, membuat toko online atau website bisnis yang baik pada akhirnya pasti akan meningkatkan peluang sukses Anda. Semoga berhasil!

Pertanyaan Umum seputar Contoh Website UMKM dan Bisnis Kecil

Bagian ini menjawab pertanyaan yang paling sering diajukan seputar cara membuat website bisnis kecil.

Bagaimana Cara Membuat Website UMKM dengan Website Builder?

Pilih website builder yang mampu memfasilitasi bisnis kecil dan gunakan template website siap pakai. Selanjutnya, gunakan editor yang disediakan, atur desainnya, dan buat halaman-halaman penting. Selain homepage, tambahkan halaman Tentang Kami, Kontak, dan Produk.

Jangan lupa tambahkan elemen visual seperti gambar, grafik kustom, animasi, dan video. Setelah selesai, onlinekan website bisnis kecil Anda.

Berapa Biaya Membangun Website UMKM dan Bisnis Kecil?

Biayanya akan tergantung pada berbagai faktor, termasuk tool dan resource yang Anda gunakan dan seberapa banyak jasa pihak eksternal yang Anda butuhkan.

Apabila ingin membuat website sendiri menggunakan resource siap pakai, biayanya kemungkinan sekitar Rp1,5 juta-Rp7 juta. Namun, kalau menggunakan jasa profesional, biayanya bisa jauh lebih mahal hingga puluhan juta.

Author
Penulis

Faradilla A.

Faradilla, yang lebih akrab disapa Ninda, adalah Content Marketing Specialist di Hostinger. Ia suka mengikuti tren teknologi, digital marketing, dan belajar bahasa. Melalui tutorial Hostinger ini, Ninda ingin berbagi informasi dan membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dialami. Kenali Ninda lebih dekat di LinkedIn.